3 Tips Untuk Belajar Investasi

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Investasi akan menjadi hal yang banyak dilakukan untuk meningkatkan kekayaan di masa yang mendatang. Dengan melakukan investasi, Anda dapat menimbulkan kemungkinan untuk bisa menikmati keuntungan di masa depan. Namun, masih sangat banyak orang yang kebingungan mengenai investasi dan dari mana harus memulainya. Oleh karena itu, berikut adalah tips belajar investasi bagi pemula agar bisa melakukan investasi secara nyata.

Sebelum Investasi, Tentukan Tujuan Secara Pasti

Sat hal yang harus Anda pastikan dan tentukan sebelum memulai investasi adalah tujuan apa yang ingin Anda capai. Banyak sekali yang hanya sekadar ikut investasi tanpa tau tujuan dan hanya ingin mengumpulkan kekayaan. Hal ini menjadi permulaan yang salah karena Anda seharusnya mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai terlebih dahulu sebelum mengikuti investasi.

Tujuan seperti bisa membeli rumah atau properti lainnya setelah sekian tahun investasi dapat menjadi contoh tujuan yang sangat nyata dan pasti. Apabila Anda memahami tujuan awal, investasi Anda juga akan berarti. Realitas ini juga akan membuat Anda menjadi realistis ketika melakukan investasi. Tips belajar investasi yang pertama ini akan membuat langkah Anda semakin yakin ke depannya dalam melakukan investasi demi mencapai tujuan.

Mengenal Risiko

Jangan pernah berpikir bahwa Anda akan terhindar dari risiko ketika memasuki dunia investasi. Anda harus mempelajari risiko yang akan Anda dapatkan ketika memasuki investasi. Investasi dengan semua jenis memiliki risiko masing-masing yang sudah harus dihadapi dan Anda harus siap apabila mendapatkannya. Investasi yang paling tinggi seperti saham sekalipun memiliki risiko yang sangat tinggi.

Salah satu cara agar Anda bisa siap untuk berinvestasi adalah dengan mempelajari dasar-dasarnya dari sumber yang kredibel seperti orang terpercaya yang sudah memiliki banyak pengalaman, buku-buku bestseller, dan yang lainnya. Dengan ini Anda dapat memahami dunia investasi sedikit demi sedikit lalu mengembangkannya melalui pengalaman ketika berinvestasi sesuai dengan tingkat risiko yang sudah Anda pahami dan siap hadapi di masa yang akan datang.

Jenis Investasi dan Gunakan Uang Sendiri

Setelah Anda menetapkan tujuan dan mengetahui risiko yang akan diterima, kini saatnya memilih jenis investasi apa yang akan Anda lakukan. Investasi sendiri terdiri dari banyak jenis dan Anda bisa memilih satu diantaranya. Jika Anda masih merasa ragu, Anda bisa memilih investasi yang membutuhkan dana sedikit agar Anda bisa memahami terlebih dahulu bagaimana cara investasi bekerja. 

Menggunakan uang sendiri juga menjadi hal yang harus dilakukan dalam berinvestasi. Jangan sampai Anda melakukan hal-hal yang akan merugikan diri sendiri. Siapkan dana yang sesuai dengan jenis investasi Anda agar semua hal berjalan dengan baik. 

3 tips di atas serta menyediakan uang yang cukup untuk investasi menjadi tips belajar investasi yang baik untuk Anda.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!