Apa sih Sebenarnya Perencanaan Keuangan dan Manfaatnya?

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Mempunyai investasi dan tabungan untuk bekal di masa depan adalah impian semua orang, untuk dapat mewujudkan hal tersebut dibutuhkan perencanaan keuangan yang baik dan efektif. Perencanaan keuangan adalah strategi seseorang untuk mencapai tujuan melalui manajemen keuangan secara merata untuk jangka Panjang.

 

Manfaat Perencanaan Keuangan 

 

Perencanaan keuangan dapat memberikan manfaat yang begitu besar, berikut adalah manfaat-manfaat yang dapat Anda peroleh

  • Mengoptimalkan Pendapatan yang di Dapat 

Anda bisa mengetahui apakah saat ini Anda terlalu boros ketika mengeluarkan uang atau tidak. Bila dirasa Anda sudah terlalu boros, mungkin ada baiknya Anda mencoba untuk lebih banyak berhemat. Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan sangat perlu untuk dilakukan, dengan ini Anda bisa mengetahui bagaimana Anda mengatur keuangan Anda.

  • Dapat Berhemat

Sering kali kita membeli suatu barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Melalui perencanaan keuangan Anda bisa melakukan pembatasan pengeluaran atau dengan kata lain berhemat. Prioritaskan kebutuhan yang dianggap paling penting atau yang perlu untuk didahulukan.

  • Dapat Melakukan Investasi 

Sisakan sedikit pendapatan Anda untuk melakukan investasi. Investasi berperan penting untuk mencapai tujuan finansial yang ingin Anda capai, bahkan investasi bisa menjadi pendapatan pasif. Ada banyak sekali cara untuk berinvestasi, pilih lah cara yang sesuai dengan kondisi keuangan anda.

  • Mempunyai Tabungan 

Perencanaan keuangan yang baik akan memudahkan Anda untuk menabung. Mempunyai tabungan bisa menjadi solusi baik bila Anda berada dalam kondisi yang kurang baik dalam keuangan. 

  • Mengurangi Kecemasan 

Pernahkah Anda berpikir apa jadinya bila Anda diberhentikan dalam pekerjaan? Lalu, bagaimana Anda bisa mendapatkan pendapatan lagi? Tentu ini bukanlah situasi yang mudah. Adanya perencanaan keuangan yang matang seperti memiliki tabungan dan investasi bisa membuat Anda sedikit bernafas untuk bisa membiayai hidup Anda sebelum anda mendapatkan pekerjaan baru. 

  • Bisa Terbebas dari Jeratan Hutang 

Memiliki hutang merupakan beban yang paling berat, Anda pasti akan memikirkannya setiap saat hingga dapat menyebabkan stress. Tekadkan dalam diri Anda untuk terbebas dari hutang, maka dengan begitu pendapatan Anda tidak akan berkurang dan Anda dapat memiliki kendali penuh atas penghasilan Anda.

  • Impian yang Diinginkan Menjadi Terwujud 

Teratur dalam menjalankan perencanaan keuangan akan membantu Anda untuk mencapai impian Anda seperti membeli mobil, membeli rumah, membeli motor ataupun liburan ke luar negeri bersama keluarga. 

Jika Anda memang serius ingin mencapai tujuan finansial Anda, maka Anda perlu menyiapkan perencanaan keuangan dengan serius. Perencanaan keuangan adalah hal yang sangat penting untuk memperkirakan jumlah pengeluaran serta pendapatan Anda. Secara pribadi perencanaan keuangan bertujuan untuk kebaikan dan kemudahan di masa depan. Sebenarnya perencanaan keuangan juga sangat dibutuhkan dalam perusahaan agar bisa memperkirakan bagaimana posisi keuangan perusahaan untuk beberapa tahun ke depan. 


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!