Pentingnya Asuransi Dalam Perencanaan Keuangan

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Anda pasti tahu bahwa di zaman sekarang ini, kebutuhan semakin lama semakin meningkat. Untuk itu, Anda perlu paham bagaimana mengelola keuangan Anda. Salah satu pos penting dalam pengelolaan keuangan adalah memiliki polis asuransi. Agar lebih jelas mengenai asuransi, simak artikel berikut mengenai manfaat asuransi di dalam kehidupan keuangan Anda.

Ketahui peran penting asuransi dalam perencanaan keuangan Anda

Pada dasarnya, asuransi dibutuhkan untuk mengelola risiko akibat terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Di dalam perencanaan keuangan, setelah Anda memiliki dana darurat, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membeli polis asuransi. Memiliki asuransi merupakan syarat penting yang harus dipenuhi sebelum Anda mulai berinvestasi. Dengan memiliki asuransi, tentunya Anda tidak perlu mencairkan investasi Anda atau bahkan berutang apabila musibah datang menimpa Anda sewaktu-waktu.

Risiko adalah sesuatu yang datang secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Dengan memiliki asuransi, risiko yang timbul dapat diminimalisir sehingga masa depan keuangan pribadi dan keluarga bisa lebih aman.  Walaupun asuransi dapat membantu perencanaan keuangan Anda, harus diketahui bahwa tidak semua jenis asuransi cocok untuk kebutuhan Anda. Akan lebih baik jika Anda mempelajari dulu mengenai jenis-jenis asuransi serta prioritasnya supaya Anda dapat benar-benar memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa jenis asuransi yang dapat membantu perencanaan keuangan anda

Ada beberapa jenis asuransi yang dapat membantu perencanaan keuangan anda. Ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan, dan asuransi harta benda. Bagi Anda yang memiliki tanggungan, Anda wajib memiliki asuransi jiwa serta asuransi penyakit kritis yang sesuai dengan kebutuhan.

Mengapa asuransi penyakit kritis menjadi sangat penting di zaman sekarang? Alasannya, mayoritas orang saat ini tidak langsung meninggal melainkan melewati fase sakit kritis terlebih dahulu. Anda pasti tahu bahwa biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan penyakit kritis berkisar antara ratusan juta hingga milyaran Rupiah.

Selain itu, Anda juga butuh asuransi kesehatan untuk mengcover Anda dari penyakit-penyakit yang membutuhkan rawat inap. Setelah Anda memiliki semuanya, baru pertimbangkan untuk memiliki asuransi harta benda seperti asuransi kendaraan bermotor ataupun asuransi rumah.

Perlu diperhatikan bahwa dalam membeli polis asuransi Anda harus dalam keadaan sehat. Jika Anda memiliki riwayat penyakit ataupun riwayat operasi sebelumnya, Anda wajib menyampaikan hal tersebut pada saat pertama kali Anda mengajukan aplikasi polis. Jika tidak, akan berakibat klaim Anda tidak akan dibayarkan di masa depan.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!