Buat Perencanaan Keuangan Pribadi Anda dengan Cara-Cara Berikut!

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Perencanaan keuangan pribadi diperlukan bagi setiap individu untuk mengelola keuangan agar pendapatan dapat digunakan dengan tepat. 

Perencanaan keuangan pribadi tersebut dapat berupa rencana pengeluaran baik jangka pendek maupun jangka panjang. Apa saja cara yang diperlukan supaya perencanaan keuangan pribadi dapat digunakan sebagaimana mestinya?

 

Tuliskan goal keuangan Anda

Pertama, Anda harus mulai mencatat tujuan keuangan Anda. Anda bisa mencatat dana apa saja yang sekiranya Anda perlukan untuk jangka waktu tertentu. Setelah selesai, Anda bisa mulai membaginya ke dalam kategori-kategori seperti prioritas, darurat, dan sebagainya.

Pikirkan dengan bijak dalam membagi kategori keuangan tersebut supaya apa yang Anda keluarkan akan sesuai dengan kebutuhan.

 

Catat pendapatan dan pengeluaran rutin

Setelah menuliskan kebutuhan, Anda tinggal menuliskan pendapatan yang Anda miliki tiap periode tertentu, dan juga tuliskan pula pengeluaran rutin seperti biaya untuk makan, listrik, biaya bahan bakar, paketan, dan sebagainya. Anda kemudian bisa membandingkan antara pendapatan, pengeluaran, dan tujuan keuangan.

 

Simpan dana darurat

Dana darurat ini mungkin sering diabaikan, namun  dana ini sangat dibutuhkan tanpa Anda sadari. Dana darurat sangat diperlukan supaya ketika Anda memiliki kebutuhan mendadak, Anda tidak perlu menggunakan dana simpanan yang lain. Jika itu terjadi, maka goal Anda akan sulit untuk diwujudkan.

 

Lakukan investasi

Investasi menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga perputaran keuangan Anda. Ketika Anda telah memiliki pendapatan rutin, hendaknya Anda melakukan investasi yang bisa membantu keuangan Anda di kemudian hari. Investasi akan membuat aset yang Anda miliki terjaga.

Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan, yang paling penting adalah investasikan keuangan Anda pada bidang yang Anda ketahui, pahami ilmunya, atau bidang yang Anda sukai.

 

Evaluasi rencana Anda

Setelah Anda menuliskan goal, dan telah membagi pendapatan untuk dana darurat, investasi, dan pengeluaran rutin, maka Anda bisa menyimpan sisa uang untuk goal Anda. setelah itu, evaluasi apakah Anda sudah berbelanja sesuai dengan keperluan Anda? Apakah Anda menggunakan uang sesuai dengan rencana keuangan Anda?

Banyak orang mengalami masalah lonjakan pengeluaran akibat tidak mengatur perencanaan keuangan pribadi mereka. Evaluasi ini diperlukan agar Anda bisa berhenti ketika dirasa telah hampir melewati batas dalam berbelanja. 

 

Jangan biasakan berhutang

Sebaiknya, ketika Anda ingin membeli sesuatu, bayarlah secara cash. Hutang dengan sistem bunga bisa menjadi beban Anda. Anda akan memiliki cicilan rutin yang harus Anda lunasi dalam periode waktu yang ditentukan. Inilah pentingnya perencanaan keuangan pribadi agar Anda bisa membeli apa yang Anda butuhkan dari uang yang Anda simpan sendiri.

Sekian informasi mengenai perencanaan keuangan pribadi yang dapat Anda ikuti. Adanya perencanaan ini tentu akan menjadi panduan bagi Anda untuk mulai membagi pengeluaran dengan bijak.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!