Mau Tahu Cara Investasi Emas Batangan Antam yang Baik dan Menguntungkan? Baca Ini Dulu

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Emas adalah salah satu logam mulia yang diidamkan oleh semua orang. Apalagi saat ini emas dinilai sangat menguntungkan untuk dijadikan investasi. Meskipun ada berbagai macam jenis investasi, emas tetap dipilih banyak kalangan karena keuntungan investasi emas di masa depan cukup terjamin. Hal itu wajar saja, sebab emas punya kelebihan dari segi harga yang cenderung meningkat terus setiap tahunnya dan jika turun pun tidak sampai anjlok. Selain perhiasan, banyak masyarakat juga yang berinvestasi emas batangan Antam. Nah, bagaimana cara investasi emas batangan Antam yang menguntungkan? Yuk, baca terus ulasannya di bawah ini.

Kalau Anda punya dana tersimpan dan belum berencana dipakai dalam waktu dekat, sebaiknya digunakan untuk investasi emas Antam. Akan tetapi, investasi ini kurang cocok buat Anda yang menginginkan imbal hasil atau keuntungan yang cepat karena investasi ini termasuk investasi jangka panjang. Disarankan agar mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu mengenai jenis dan cara investasi emas yang baik dan menguntungkan. Untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan investasi emas ini dapat disimak berikut ini.

 

Investasi Emas Batangan Antam

Emas batangan

Membeli emas batangan Antam adalah cara investasi emas yang tepat

Mungkin sebagian dari Anda sering mendengar emas antam, yaitu emas batangan yang diproduksi langsung oleh PT. Antam (Aneka Tambang) Tbk. Emas antam sendiri punya ciri khusus sehingga akan sangat sulit untuk dipalsukan. Karakter dari emas Antam terdapat sertifikat yang menunjukkan perihal berat emas, dimensi emas, nomor seri emas, dan kadar kemurnian dari emas tersebut. Meski begitu, masih saja ada ulah oknum-oknum yang melakukan penipuan berkedok emas Antam. Supaya Anda tidak jadi korbannya, cara investasi emas Antam yang benar adalah membeli di tempat-tempat yang ditunjuk sebagai distributor resmi.

Menjalankan investasi emas Antam butuh beberapa strategi supaya keuntungan yang didapatkan maksimal. Ada banyak tips dan trik dalam berinvestasi emas, diantaranya investasi saham emas, investasi dinar emas, trading gold forex, beli koin emas, menabung emas, hingga berkebun emas. Jika Anda paham bagaimana mengelolanya, emas dapat jadi modal atau pengaman untuk kerbelangsungan bisnis Anda. berikut ini akan dijelaskan cara investasi emas Antam supaya keuntungannya maksimal.

 

  1. Menabung Emas

Anda dapat membuka tabungan emas untuk investasi. Artinya yang Anda tabung adalah emas, bukan berupa uang. Misalnya, Anda menabung emas 1 gram setiap bulannya. Dan di saat sudah terkumpul, Anda dapat menggunakannya untuk dibelanjakan berbagai kebutuhan atau memenuhi impian Anda, seperti membeli rumah, biaya umroh, pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Menariknya, konsep menabung emas ini tidak mengenal kata inflasi sehingga tabungan Anda tetap utuh dan justru cenderung meningkat walaupun terjadi inlasi. Kenapa begitu? Kenaikan inflasi dapat segera ditutupi oleh harga emas ketika dikonversikan ke dalam bentuk gram emas.

 

  1. Investasi Emas Untuk Modal Usaha

Cara investasi emas selanjutnya adalah menjadikannya sebagai modal usaha. Namun, perlu Anda ketahui jika cara yang satu ini menerapkan sistem gadai. Contohnya, Anda punya 100 gram emas dan ingin meningkatkan nilainya, maka lebih baik menggadaikannya. Kemudian, hasilnya dapat Anda gunakan sebagai modal bisnis.

Akan tetapi sebelum menjalankan strategi ini, Anda dituntut untuk memahaminya karena sistem ini punya kelemahan yang malah dapat merugikan. Ketika bisnis Anda tidak dapat berkembang atau bangkrut, maka emas Anda akan berkurang atau bahkan hilang. Sementara, jika usaha Anda ternyata maju, bukan tidak mungkin jumlah emas yang dimiliki dapat bertambah nilainya.

 

  1. Investasi Emas dengan Cara Klasik

Bagi pemula yang tertarik berinvestasi emas, dapat menggunakan cara investasi emas klasik. Maksudnya bagaimana? Yaitu dengan cara membeli emas ketika harganya sedang turun dan menjualnya disaat harga naik atau selisih jualnya cukup besar. Zaman orang tua Anda dulu pasti sering menggunakan teknik ini, yang nyatanya terbukti efektif apabila dilakukan di waktu yang tepat dan dalam jangka waktu yang lama misalnya 5-10 tahun.

 

  1. Investasi Emas dengan Sistem Bursa Berjangka (Future)

Cara yang satu ini dapat dilakukan bagi Anda yang suka dengan tantangan atau risiko. Untuk menjalankannya, Anda membutuhkan emas sebagai modal deposit trading dengan menggadaikannya. Perlu diperhatikan bahwa gold future trading ini adalah bisnis yang berisiko tinggi tapi keuntungan yang dihasilkan dapat signifikan. Jika Anda belum punya keahlian dalam dunia trading, disarankan memilih cara yang lain sambil belajar cara menjalankannya.

 

Investasi Emas di Pegadaian

Ilustrasi pegadaian emas bersertifikat

Salah satu cara investasi emas adalah membuka tabungan emas

 

Tak dipungkiri bahwa emas akan selalu jadi favorit masyarakat untuk diinvestasikan atau dikoleksi sebagai perhiasan. Selain investasi emas batangan Antam, Anda juga dapat berinvestasi emas di Pegadaian lewat program tabungan emas. Pegadaian meluncurkan program tabungan emas di tahun 2015 untuk mendukung program pemerintah yang ingin mengajak kalangan masyarakat menengah ke bawah berinvestasi emas.

Cara investasi emas dengan membuka tabungan emas di Pegadaian memberikan keuntungan tersendiri. Bahkan, Anda dapat membuka tabungan emas ini dengan modal minimal Rp 10.000. Memang apa saja keuntungan menabung emas di Pegadaian?

 

  1. Proses Pendaftaran Mudah dan Cepat

Pendaftaran tabungan emas di Pegadaian sangat mudah dan relatif cepat. Anda hanya perlu datang ke cabang-cabang kantor Pegadaian dengan membawa fotokopi indentitas diri dan mengisi formulir. Atau dapat juga mendaftar melalui aplikasi Pegadaian Digital. Meski begitu, Anda tetap harus datang ke kantor Pegadaian untuk menyelesaikan prosesnya. Hal ini hanya untuk memastikan bahwa Anda sendiri yang benar-benar mendaftar tanpa melalui orang lain.

 

  1. Modal Awal Terjangkau

Modal awal membuka tabungan emas di Pegadaian sangat terjangkau. Anda dapat memulai investasi emas dengan modal Rp 8.000-an per 0,01 gram. Selanjutnya, jumlah uang yang Anda setorkan setiap bulannya akan langsung terkonversi ke dalam buku rekening emas dalam bentuk gram.

Namun, ada yang perlu Anda ketahui pada saat pertama kali membuka tabungan terdapat rincian biaya yang harus dibayarkan, yaitu calon nasabah akan dikenakan biaya pembukaan rekening sebesar Rp 10.000. Kemudian ada biaya fasilitas titip selama satu tahun Rp 30.000. Jika Anda membuka tabungan emas melalui aplikasi online, akan dibebankan biaya pembelian saldo awal sebesar Rp 70.000. Lalu, apabila saldo emas yang ada di rekening ingin dicairkan dengan cara menjual kembali (buyback) melalui aplikasi, Anda harus membayar sebesar Rp 2.500 untuk biaya admin bank.

 

  1. Keamanannya Terjamin

Selain modal awal yang terjangkau, cara investasi emas di tabungan emas Pegadaian dijamin aman. Karena pihak Pegadaian akan memastikan keamanan investasi emas Anda dengan layanan profesional sebagai prioritas terhadap nasabahnya.

Ketika Anda memutuskan untuk membuka tabungan emas di Pegadaian, Anda dapat memilih emas yang punya cap dari PT Antam atau Pegadaian. Daripada Anda menyimpan emas dirumah yang berpotensi hilang, kenapa tidak simpan saja di pegadaian.

 

  1. Mudah Dicairkan

Investasi emas salah satu jenis investasi yang karakternya mudah dicairkan. Jika suatu waktu Anda membutuhkan sejumlah uang yang mendesak, maka tabungan emas Anda di Pegadaian dapat dicairkan dengan cepat. Caranya yaitu menjual ke Pegadaian dengan harga yang disesuaikan dengan pasar atau dapat melihat langsung di situs resmi Pegadaian. Namun, Anda harus punya minimal minimal saldo di tabungan emas sebesar 0,1 gram.

Selain itu cara lain yang dapat Anda pilih, yaitu dengan mencetaknya ke dalam bentuk emas fisik. Di Pegadaian Anda diberikan pilihan untuk mencetak emas fisik mulai dari  1, 2, 5, 10, 25, 50, hingga 100 gram. Prosesnya sendiri cukup mudah, dan dapat juga dilakukan lewat aplikasi Pegadaian Digital atau mengunjungi langsung outlet-outlet Pegadaian.

 

Kesalahan Dalam Berinvestasi Emas

Meskipun banyak yang sudah tahu cara investasi emas dengan berbagai teknik di atas, nyatanya masih ada yang melakukan kesalahan dalam berinvestasi emas. Walaupun investasi emas terbilang aman dan tingkat pengembaliannya yang besar, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa faktor supaya jangan sampai yang tadinya ingin untung malah buntung. Maka dari itu, Anda harus menghindari beberapa kesalahan investasi berikut ini.

 

  1. Tidak Mengecek Kemurnian Emas

Selain emas batangan, tidak sedikit yang berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan. Namun, di dalamnya terdapat kandungan emas yang telah dicampur dengan logam lain. Berbeda halnya jika investasi emas berupa batangan, sudah pasti kandungannya emasnya murni tanpa campuran logam lain.

Tak hanya itu, harga jual kembali perhiasan emas pun dapat jadi lebih murah dari saat Anda membelinya tergantung dari kadar atau keawetannya, ditambah harus membayar biaya pembuatannya. Jadi, cara investasi emas yang baik adalah dengan membeli emas murni berbentuk batangan.

 

  1. Tidak Punya Penyimpanan yang Memadai

Karena emas sangat mudah dibawa dan dipindahkan, maka risiko untuk kehilangan atau dicuri orang lain lebih besar. Sebelum memutuskan berinvestasi emas, pikirkan terlebih dahulu dimana Anda akan menyimpannya. Kalau tidak punya tempat khusus, Anda dapat menyewa tempat penyimpanan di bank atau pegadaian.

 

  1. Tidak Membandingkan Harga Emas

Membeli emas itu butuh ketelitian dan hati-hati. Buat Anda yang ingin membeli emas batangan, pastikan untuk membandingkan harganya di beberapa tempat yang resmi dan terpercaya. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama buat Anda yang tidak selalu memantau pergerakan harga emas setiap harinya. Jangan sampai Anda rugi karena tidak sedikit penjual emas yang menaikkan harga ems sangat tinggi.

 

  1. Tidak Tahu Tujuan Investasi

Membeli emas hanya untuk ajang pamer dan terlihat keren adalah cara investasi emas yang salah. Kalau Anda berinvestasi emas untuk mendapatkan keuntungan di masa depan, membeli emas batangan jadi pilihan yang tepat. Emas batangan lebih menguntungkan karena Anda tidak dikenakan biaya pembuatan saat ingin dijual kembali.

Anda dapat membeli emas Antam yang memiliki sertifikat 99,99% di Butik Antam atau Pegadaian. Namun, jika Anda mencari keuntungan investasi dalam jangka waktu yang pendek, emas bukan pilihan yang cocok.

 

  1. Jarang Memantau Harga Emas

Pergerakan harga emas sangat berpengaruh ketika Anda membeli atau menjual emas. Maka dari itu, sebagai investor Anda harus paham kapan saatnya membeli emas dan menjualnya dengan cara memantau pergerakan harga emas setiap hari. Hal ini merupakan cara investasi klasik yang sudah diulas di awal artikel. Jadi, pastikan Anda membeli emas saat harganya rendah dan menjualnya ketika harga sedang tinggi.

 

Itulah beberapa cara investasi emas batangan Antam yang menguntungkan untuk Anda. Semoga dari informasi yang sudah dijelaskan di atas, harapannya Anda dapat memiliki pemahaman dan pengetahuan yang luas soal investasi emas. Investasi emas ini banyak memberikan keuntungan bagi investor jika tahu cara mengelolanya.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!