Apa Itu Reksadana? Bagaimana Cara Investasi Reksadana Saham yang Mudah?

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Apakah Anda pernah mendengar istilah Reksadana atau Reksadana Saham? Orang awam umumnya paham bahwa Reksadana adalah salah satu jenis instrumen investasi. Namun, seperti apa karakter, potensi profit, serta risikonya? Mari simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya!

Definisi dari Reksadana dan Reksadana Saham

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal atau investor untuk selanjutnya diinvestasikan ke dalam instrumen investasi tertentu. Ada beberapa jenis reksadana, salah satu yang paling populer adalah Reksadana Saham. Reksadana Saham, sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), wajib menginvestasikan minimal 80% dari asetnya ke dalam bentuk efek yang bersifat ekuitas atau saham. Reksadana Saham cocok untuk investasi jangka panjang, umumnya di atas 5 tahun. Resiko dari reksadana jenis ini memang lebih tinggi dari jenis Reksadana lainnya tetapi juga memiliki potensi tingkat pengembalian yang tinggi.

Tips Investasi Reksadana Saham yang Mudah Bagi Pemula:

  1. Berinvestasi Lewat Platform Marketplace Reksadana Online

Anda disarankan untuk berinvestasi lewat platform marketplace Reksadana online yang menjual reksa dana dari banyak manajer investasi karena murah dan mudah serta memiliki banyak pilihan. Dengan membeli reksadana via platform online, selain pilihannya yang banyak, umumnya dibebaskan dari fee beli (subscription fee) dan fee jual (redemption fee).

  1. Mendaftar Sebagai Anggota

Selanjutnya adalah Anda wajib mendaftar menjadi anggota. Anda bisa datang langsung ke kantornya atau mengisi formulir anggota secara online tergantung dari kebijakan platform yang dipilih.

  1. Deposit Dana

Setelah mendaftar sebagai anggota, anda kemudian bisa langsung ke aplikasi yang ada. Anda deposit dana dahulu di rekening yang terdaftar. Setelah selesai transfer anda bisa cek di aplikasi uang sudah masuk rekening atau belum, lalu pilih jenis yang diinginkan untuk investasi, misalnya adalah Reksadana Saham.

  1. Pilih dan Membeli Reksa Dana Saham

Lihat dahulu apa yang tersedia di platform online yang digunakan. Anda bisa memilih berdasarkan kriteria seperti return terbaik, dana kelola dan lainnya. Jika sudah menentukan pilihan, selanjutnya anda bisa melakukan pembelian dengan mengikuti beberapa proses di platform online tersebut.

  1. Memonitor

Monitoring bertujuan untuk melihat perkembangan kinerja dari investasi jenis ini secara akurat dan efektif. Anda perlu mengetahui berapa nilai investasi, potensi keuntungan dan potensi kerugiannya.

  1. Menjual

Ada dua pilihan untuk cara menjual yaitu berdasarkan nilai uang yang akan dicairkan atau berdasarkan jumlah unitnya.

Kelebihan Investasi Reksadana Saham

  1. Dikelola oleh tim investasi yang profesional dan ahli di bidangnya. Anda tidak perlu repot belajar tentang investasi dan hal-hal yang bersangkutan dengan itu seperti cara pemilihan saham.
  2. Bersifat jangka panjang sehingga secara psikologi tidak mempengaruhi investor dengan naik dan turunnya indeks
  3. Meski dengan nominal yang kecil sudah dapat membeli saham blue chip secara tidak langsung dengan melalui unit penyertaan reksa dana.

Demikian pembahasan singkat tentang Reksadana Saham dan beberapa cara investasi serta keuntungan yang akan di dapat. Semoga dengan adanya pembahasan singkat ini dapat menambah sedikit pengetahuan tentang hal tersebut.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!