Fungsi Asuransi Yang Perlu Anda Ketahui

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Kesadaran pentingnya memiliki polis asuransi di kalangan masyarakat Indonesia ternyata masih sangat rendah. Padahal, manfaat asuransi sangat baik untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Untuk itu, berikut berbagai fungsi asuransi yang perlu anda ketahui.

Asuransi berfungsi untuk mengalihkan risiko

Fungsi utama asuransi adalah untuk mengalihkan risiko. Tentunya setiap orang tidak ingin mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Walaupun begitu, tidak ada seorang pun yang dapat menghindar di saat musibah datang. Risiko dari musibah tentunya beragam dan mempunyai dampak yang berbeda-beda pula, dan seringkali berhubungan dengan keuangan. Untuk anda yang merupakan nasabah asuransi, tentunya anda mempunyai hak pengalihan risiko, dengan begitu anda dapat memperoleh ganti rugi atau mengajukan klaim ketika mengalami peristiwa yang merugikan atau dalam kondisi yang sedang sulit.

Di sinilah fungsi utama asuransi sebagai pengalih risiko dapat terlihat dengan jelas. Dengan premi yang minim, Anda dapat memperoleh ganti rugi dalam jumlah besar. Maka dari itu, sangatlah penting bagi calon nasabah untuk dapat memahami ilustrasi dari sebuah proposal asuransi sehingga uang pertanggungan yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Jaminan keseimbangan premi yang akan dibayarkan dengan perlingdungan

Pada poin kedua ini juga merupakan fungsi utama asuransi, yang akan memberikan keseimbangan antara premi dengan perlindungan yang akan diberikan ketika nasabah mengalami kejadian yang dapat merugikan dirinya sendiri. Artinya bahwa ganti rugi yang seimbang akan diberikan kepada nasabah atau sesuai premi yang telah anda bayarkan kepada perusahaan asuransi setiap bulannya. Tentunya segala risiko yang terjadi nantinya akan dikalkulasikan dengan premi tersebut.

Jika dilihat dari fungsi utama asuransi ini, maka pertanggungjawaban kepada setiap nasabah oleh pihak asuransi berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap nasabah membayar premi dengan jumlah berbeda sesuai kemampuan keuangan yang dimilikinya. Ketika Anda membayar premi lebih rendah, tentunya anda tidak akan memperoleh pertanggungan sama seperti nasabah yang telah membayar premi lebih tinggi. Walaupun begitu, Anda tetap memperoleh fungsi utama asuransi yang satu ini sesuai dengan premi yang Anda setorkan ke perusahaan asuransi.

Dengan mengetahui berbagai fungsi asuransi seperti yang telah dipaparkan di atas, tentunya sudah jelas manfaat yang dapat anda peroleh di masa mendatang.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!