Fungsi Financial Planner Indonesia

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


 

Financial planner Indonesia merupakan profesi yang membantu perusahaan atau individu dalam membuat rencana keuangan jangka panjang di Indonesia. Perencanaan keuangan umumnya dimulai ketika seseorang memiliki penghasilan. Hal ini berguna untuk mengontrol dan memantau setiap uang masuk atau uang keluar yang dimilikinya. Dengan memantau keuangan secara jelas, tentunya kehidupan yang sejahtera dan bahagia akan lebih mudah diperoleh.

 

Fungsi Financial Planner

Perencanaan finansial memang berperan untuk merencanakan investasi sehingga bisa memperoleh imbal balik sesuai risiko dan proyeksi yang dimiliki. Berbicara mengenai perencana keuangan sebenarnya diurutkan berdasarkan prioritasnya, yaitu:

  • Perencana keuangan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek

Dengan adanya financial planner, tentu memenuhi kebutuhan jangka pendek lebih mudah diwujudkan. Untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, dalam hal ini akan  ada pengelolaan arus kas atau cash flow, hutang serta dana darurat. Di mana ketiga bagian ini memang menjadi permasalahan keuangan jangka pendek yang harus Anda pastikan sehat. Supaya kondisi keuangan jangka pendek milik Anda tidak menimbulkan masalah.

  • Manajemen risiko individu

Manajemen risiko individu sangat penting diketahui, agar Anda bisa memastikan aset yang dimiliki telah terlindung dengan sempurna. Pada tahapan ini biasanya seseorang akan memastikan dirinya dilindungi dengan asuransi sebagai proteksi diri yang dimilikinya. 

  • Mencapai tujuan keuangan jangka menengah

Dengan adanya perencana keuangan tentu Anda bisa mencapai tujuan keuangan jangka menengah. Perencana keuangan ini biasanya untuk biaya pendidikan anak, biaya perjalanan ibadah, biaya pembelian rumah dan sebagainya. Perlu diketahui, jika bisa mencapai tujuan keuangan jangka menengah tentu Anda bisa mengetahui yang mana kebutuhan dan juga keinginan semata.

  • Mencapai tujuan keuangan jangka panjang

Apabila membuat rencana keuangan yang tepat tentu Anda bisa mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Keuangan jangka panjang akan berguna sebagai dana pensiun ataupun dana untuk hari tua. Untuk itu, dikatakan dengan adanya perencana keuangan jangka panjang tentu membuat Anda tidak perlu bekerja ketika hari tua, sebab Anda sudah memperoleh tabungan untuk hari tua dari rencana keuangan yang sudah disusun secara sempurna.

 

Mengapa Keuangan Perlu Direncanakan?

Perencanaan keuangan sangat penting dilakukan agar tujuan finansial bisa terpenuhi secara efisien dan efektif. Selain itu, perencanaan keuangan perlu dilakukan  sebab Anda tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Perlu diketahui, meskipun Anda memiliki penghasilan rutin setiap bulannya, namun jika terjadi hal buruk seperti pemberhentian kerja, kecelakaan ataupun lainnya, tentu kemungkinan besar keuangan Anda akan memburuk sehingga kehidupan yang Anda impikan tidak dapat terwujud. Maka dari itu, dikatakan perencanaan keuangan sangat penting guna memenuhi kebutuhan meskipun sedang mengalami masa sulit.

Untuk itulah, dikatakan menggunakan financial planner patut dipertimbangkan agar rencana keuangan Anda lebih teratur. Demikianlah, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bacaan tambahan bagi Anda sekalian yang sedang mencari info seputar financial planner Indonesia.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!