Bingung Mau Investasi Emas atau Reksa Dana? Baca Dulu Tulisan Berikut Ini!

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Ada banyak cara seseorang mampu menambah pundi-pundi uangnya dari pemasukan yang ia dapatkan tiap bulannya. Salah satu cara paling populer sekarang ini adalah dengan melakukan investasi. Bagi sebagian masyarakat menengah ke bawah memang cara ini masih tidak populer atau bahkan banyak yang tidak tahu soal ini, namun pastinya untuk sebagian kalangan menengah ke atas, investasi sudah sangat mereka kenal.

Di antara berbagai jenis investasi yang ada, investasi emas dan reksa dana dianggap sebagai jenis investasi yang paling aman dan memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan investasi jenis lain. Tak hanya itu, meski modal awal yang diperlukan untuk mulai investasi lebih kecil dibandingkan investasi lain, kedua investasi ini mampu menghasilkan keuntungan yang besar apalagi bila dibandingkan dengan hasil bunga dari deposito atau tabungan biasa. Oleh karena itulah, kedua investasi ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang masih pemula atau baru mau belajar berinvestasi atau siapa saja investor profesional yang belum pernah mencoba investasi jenis ini. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai masing-masing kelebihan investasi emas dan reksa dana serta mana yang lebih baik dan lebih cocok bagi Anda, investasi emas atau reksa dana akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

 

Investasi Emas

Tak ada yang tak mengenal logam mulia yang satu ini. Sedari dulu emas sudah dianggap sebagai jenis investasi yang mudah dan menguntungkan. Artinya, mudah dibeli dan mudah juga untuk dijual kembali ketika Anda membutuhkan uang. Berbeda pastinya dengan investasi lain yang terkesan lebih ribet baik dalam urusan administrasi saat membeli maupun saat menjualnya kembali. Jadi, bagi Anda yang ingin berinvestasi yang mudah dan menjanjikan maka investasi emas bisa menjadi salah satu pilihan yang ampuh untuk Anda. Namun, masalahnya ada beberapa hal yang mesti Anda pertimbangkan lebih dulu sebelum memutuskan memilih investasi ini.

Ilustrasi investasi emas batangan dan koin emas

Gambar 1. Investasi Emas

Pertama, jangan membeli emas perhiasan untuk investasi karena akan ada berbagai biaya tambahan lain yang harus dikeluarkan selain dari harga emasnya sendiri misalnya saja biaya desainnya, pembuatannya dan lain-lain. Uang yang Anda keluarkan pun menjadi lebih besar dari yang seharusnya. Jikalau memang berniat berinvestasi, belilah emas murni atau emas batangan yang kadar kemurniannya mencapai 99, 99%. Untuk lebih terjamin kemurnian dan keasliannya, cobalah membeli emas di PT. Aneka Tambang (ANTAM) langsung, pegadaian atau di toko emas yang memiliki sertifikat resmi keluaran ANTAM.

Kedua, Anda harus memikirkan masak-masak tempat penyimpanan paling tepat untuk emas Anda. Sangatlah berisiko bila Anda menyimpannya di rumah, apalagi bila jumlahnya banyak. Anda harus menyimpannya di fasilitas safety box yang disediakan oleh bank. Tentunya akan ada biaya tambahan yang harus Anda bayar untuk uang jasa penitipan.

Ketiga, Anda harus mampu menganalisis pergerakan harga emas secara mandiri. Skill dan pengetahuan yang cukup mengenai investasi ini mesti Anda miliki sebelum mulai berinvestasi emas. Jadi, bagi yang ingin melakukan investasi menggunakan logam mulia ini, Anda wajib memperhatikan ketiga hal penting di atas.

 

Investasi Reksa Dana

Berbeda dengan investasi emas, investasi reksa dana terbilang jenis investasi yang masih baru. Oleh karena itulah, masih banyak yang tidak terlalu mengenal dan memahami investasi ini. Lahirnya investasi reksa dana itu dimulai ketika mulai menjamurnya bursa saham dan pasar modal yang menawarkan bermacam jenis investasi di dalamnya. Di antara bermacam jenis investasi tersebut, investasi reksa dana merupakan jenis investasi yang memiliki risiko paling rendah terlebih bila dibandingkan dengan investasi saham. Oleh karena risikonya paling rendah ditambah modal awal yang juga sangat terjangkau maka investasi reksa dana sangatlah cocok bagi Anda yang pemula atau orang yang baru  belajar berinvestasi.

Ilustrasi tips belajar reksadana dengan seseorang menunjukkan grafik-grafik

Gambar 2. Investasi Reksa Dana

Kelebihan lain investasi ini dibandingkan dengan investasi lain terutama investasi emas adalah bahwa bentuk investasi ini tidak berada dalam bentuk fisik seperti logam mulia tersebut. Jadi, Anda tidak perlu pusing-pusing untuk mencari tempat penyimpanannya bahkan tidak akan merasa takut akan kehilangan. Dana investasinya akan disimpan dan dikelola oleh lembaga yang bertanggung jawab terhadap hal tersebut yang biasa dikenal sebagai bank kustodian.

Hal-hal paling penting yang harus Anda ingat sebelum memutuskan memilih investasi reksa dana adalah bahwa investasi jenis ini dikelola oleh perusahaan pengelola dana investasi yang berada dalam tanggung jawab seorang Wakil Manajer Investasi (WMI). Jadi, Anda tidak perlu harus belajar dan memiliki skill yang mumpuni terlebih dahulu agar bisa melakukan investasi ini.

Tak hanya itu, hal urgent lain yang harus Anda ingat terkait reksa dana adalah prinsip investasinya yang sama dengan investasi pasar modal lainnya. Berani ambil risiko tinggi maka besar juga keuntungan atau kemungkinan imbal hasil yang akan Anda peroleh nantinya. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan MI atau pakar keuangan terpercaya terlebih dahulu terkait memilih produk reksa dana yang mana yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

 

Perbedaan Investasi Emas dan Reksa Dana

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai investasi emas maupun reksa dana, maka manakah yang lebih baik bagi orang yang baru saja akan berinvestasi atau pemula? Investasi emas atau reksa dana? Mungkin beberapa perbedaan berikut bisa memandu Anda untuk memilih mana yang lebih baik di antara keduanya tentunya dengan beberapa pertimbangan misalnya disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

  1. Pembelian Reksa Dana Bisa Dilakukan Secara Online

Salah satu keunggulan berinvestasi reksa dana adalah Anda bisa membelinya melalui cara online. Anda tidak perlu ke luar rumah untuk membelinya seperti bila Anda berinvestasi emas. Oleh karena emas berada dalam bentuk fisiknya, maka pastinya Anda harus membelinya langsung ke tempat yang telah ditentukan misalnya di PT ANTAM, pegadaian atau toko-toko emas yang sudah bersertifikasi.

 

  1. Dana Minimum Investasi Reksa Dana Lebih Kecil

Dalam investasi reksa dana, Anda bisa mulai investasi dengan dana minimal Rp 100.000,- dengan fasilitas yang mudah diakses dari mana saja di seluruh penjuru dunia. Anda bisa melihat perkembangan investasi Anda langsung secara online. Sedangkan untuk berinvestasi emas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu harga emas per-gramnya. Anda bisa melihat data harganya di situs produsen resmi logam murni di Indonesia yakni PT. ANTAM. Jikalau misalnya harga emas sedang berada pada kisaran Rp 500.000,- per-gramnya maka setidaknya Anda harus memiliki dana untuk investasi minimal Rp.500.000,-. Belum lagi Anda juga wajib membayar biaya untuk menyimpan emas Anda yang pastinya tidak sedikit.

  1. Investasi Emas Memiliki Risiko Hilang

Semua orang tahu bahwa reksa dana tidak memiliki wujud fisik jadi pastinya risiko hilangnya pun kecil bahkan hampir tak ada sama sekali. Anda tidak perlu cemas sama sekali mengenai dimana tempat penyimpanannya karena dana-dana reksa dana akan disimpan secara aman di bank kustodian. Sementara itu, emas memiliki risiko hilang karena wujudnya bisa dilihat dan disentuh. Jadi, Anda harus benar-benar memastikan tempat penyimpanannya sangatlah aman.

  1. Reksa Dana Tidak Perlu Tempat dan Biaya Penyimpanan

Dalam investasi reksa dana, Anda tidak perlu repot-repot di mana Anda akan menyimpannya dengan aman karena semua harta reksa dana tersimpan di sebuah tempat aman bernama Bank Kustodian. Jumlah biaya bank ini dibagi rata untuk seluruh investor sehingga biayanya relatif kecil. Sementara itu, untuk emas Anda tidak boleh menyimpannya sembarang tempat misalnya di rumah tanpa pengamanan yang memadai. Umumnya logam murni ini disimpan dalam lemari besi di bank yang dikenal sebagai Safe Deposit Box (SDB). Oleh karena memakai jasa bank maka Anda harus membayar biaya sewa-nya per tahun yang memang harganya tidaklah sedikit.

  1. Investasi Emas Tidak Mengenal Istilah Diversifikasi

Salah satu keunggulan investasi reksa dana adalah adanya diversifikasi yang memungkinkan bahwa dana Anda tidak ditanam hanya pada satu instrumen namun disebar ke berbagai jenis saham, instrumen atau perusahaan lain. Oleh karena itulah, risiko kerugian dalam investasi reksa dana lebih rendah dibanding investasi lain. Hal itu sejalan dengan pepatah lama yang pastinya Anda kenal:“Jangan menyimpan semua telurmu dalam satu keranjang.” Sementara itu, bila Anda berinvestasi emas, Anda harus siap-siap bila harga emas sedang anjlok. Anda hanya punya 2 pilihan agar terhindar dari kerugian. Pilih tetap bertahan atau menjualnya.

  1. Dana Reksa Dana Dikelola Manajer Investasi

Pada investasi reksa dana, Anda menyerahkan pengelolaan dana investasi kepada pihak yang profesional dan telah memiliki kredibilitas serta mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengelola dana investasi. Pihak tersebut dikenal sebagai Manajer Investasi (MI). Dari MI inilah Anda bisa belajar banyak hal mengenai investasi reksa dana. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada investasi emas. Anda harus melakukannya secara mandiri mulai dari menjual, membeli hingga menganalisis pergerakan harga emas. Tentu saja ini sangatlah tidak mudah bagi pemula atau yang sedang belajar berinvestasi karena dibutuhkan skill yang mumpuni dan pengetahuan yang cukup tentang investasi.

  1. Proses Pencairan Investasi Emas Lebih Lama

Ada banyak proses yang harus Anda lalui bila ingin mendapatkan uang dari proses penjualan emas Anda. Pertama, Anda harus mengambil dulu emas Anda dari tempat penyimpanan yang disediakan sebelumnya. Kedua, Anda harus menjualnya ke toko emas. Setelah menerima uang hasil penjualan, Anda baru bisa ke bank atau ATM untuk menyetor atau menyimpan uangnya. Sementara itu, proses pencairan investasi reksa dana lebih mudah. Anda hanya perlu online dan mengikuti setiap langkah-langkah pencairannya secara online. Dan foilla…hasil pencairan investasi reksa dana langsung akan ditransfer ke rekening Anda.

  1. Tidak Ada Risiko Pemalsuan Pada Reksa Dana

Tidak akan ada barang investasi dalam bentuk fisik yang harus melewati proses berpindah tangan pada reksa dana seperti yang terjadi pada emas. Oleh karena itulah, proses jual beli investasi ini tidak harus memakai sertifikat seperti halnya investasi emas. Sementara itu karena emas dapat dilihat dan dipegang bentuknya, maka banyak oknum yang berusaha memalsukannya. Jadi, bila Anda ingin berinvestasi emas, Anda harus benar-benar memperhatikan security code yang tertanam pada logam tersebut beserta segel pengaman yang ada di bagian kemasannya. Anda juga harus memperhatikan segel garansi pada bagian kemasannya yang dikeluarkan oleh PT ANTAM selaku produsen resmi Logam Mulia di Indonesia. Segel garansi ini diberikan untuk menjamin keaslian emas beserta dengan sertifikatnya.

Jadi Pilih Mana: Investasi Emas atau Reksa Dana?

Berdasarkan penjelasan di atas baik itu mengenai definisi, kelebihan hingga perbedaan di antara kedua investasi tersebut, maka Anda bisa memilih mana yang akan Anda pilih dan mana yang lebih baik menurut Anda, apakah investasi emas atau reksa dana.

Ilustrasi membandingkan emas atau reksadana

Gambar 3. Investasi Emas atau Reksa Dana

Sebenarnya apapun pilihan investasi Anda, keduanya bisa memberikan keuntungan sebesar yang diinginkan selama Anda mampu serta pandai untuk mengelolanya. Memang berdasarkan perbedaan diantara keduanya di atas, reksa dana terlihat lebih unggul dibandingkan emas, tetapi semuanya balik kepada Anda sendiri. Mana diantara kedua investasi tersebut yang lebih membuat Anda nyaman dan yang paling Anda inginkan serta yang lebih sesuai dengan keadaan keuangan Anda. Semua pilihan ada di tangan Anda.

Referensi:

[1] https://www.simulasikredit.com/mana-yang-lebih-untung-investasi-emas-atau-reksa-dana/

[2]    https://duwitmu.com/reksadana/8-alasan-reksadana-lebih-baik-dari-emas/

[3] https://www.cermati.com/artikel/lebih-untung-investasi-emas-atau-reksa-dana-ini-penjelasannya


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!