Investasi Jangka Pendek yang Bisa Dilakukan

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Bagi Anda yang peduli terhadap kehidupan masa depan, pastinya Anda sudah mulai melakukan berbagai investasi. Namun, bagi Anda yang saat ini baru terpikirkan untuk melakukan investasi pastinya akan mencari instrumen investasi apa yang tepat dan bisa membuat masa depan menjadi lebih cerah?

Secara singkat, kita bisa bagi investasi menjadi 3 bagian yaitu investasi jangka panjang, investasi jangka menengah, dan investasi jangka pendek. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari investasi dalam jangka waktu yang relatif singkat atau kurang dari 1 tahun, Anda bisa memilih instrumen investasi jangka pendek. Dengan menggunakan investasi jangka pendek maka Anda akan lebih cepat mencairkan uang sewaktu-waktu. Lalu apakah investasi ini bisa menguntungkan ?

Investasi Jangka Pendek Memberikan Fleksibilitas Pencairan Dana

Jika Anda memilih investasi jangka pendek maka Anda lebih memiliki fleksibilitas dalam pencairan dana. Investasi jangka pendek dapat Anda andalkan untuk hal-hal yang sifatnya darurat atau kebutuhan yang kurang dari satu tahun.

Memang, keuntungannya tidak sebesar investasi jangka menengah ataupun jangka panjang. Namun, dari segi risiko, investasi jangka pendek lebih aman dari fluktuasi harga. Biasanya, instrumen investasi jangka pendek juga digunakan sebagai sarana parkir dana sementara sambil menunggu kesempatan lain untuk masuk ke instrumen jangka panjang.

Gunakan Instrumen Investasi Jangka Pendek Untuk Kebutuhan Kurang dari Satu Tahun

Jika Anda punya kebutuhan yang ingin dicapai dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, sangat disarankan untuk Anda menempatkan dana di instrumen investasi jenis ini. Alasannya, fluktuasi harga tidak terlalu signifikan sehingga keutuhan dana Anda lebih terjaga.

Misalnya, jika Anda seorang mahasiswa, uang untuk biaya kuliah atau tempat tinggal bisa disimpan sementara di sini dibandingkan tabungan biasa atau deposito. Jika Anda seorang pengusaha, bisa parkir dana gaji atau dana THR sementara di sini. Atau, Anda juga bisa letakkan dana darurat Anda di instrumen jangka pendek ini.

Memang banyak sekali kebutuhan jangka pendek yang jika tidak kita investasikan akan segera habis karena berbagai godaan. Dengan berinvestasi seperti ini Anda bisa lebih mengontrol keuangan dan juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Investasi Jangka Pendek sebagai Sarana Belajar Investasi Jangka Panjang

Sebelum Anda mengeluarkan dana yang lebih besar untuk berinvestasi jangka panjang, ada baiknya Anda belajar investasi jangka pendek terlebih dahulu. Dengan berinvestasi jangka pendek, Anda bisa belajar merasakan pengalaman berinvestasi.

Anda bisa belajar mengenai bagaimana cara kerja investasi, bagaimana agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan juga bagaimana risiko dalam berinvestasi.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!