Cara Berinvestasi Saham Bagi Pemula

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Saham merupakan suatu bagian kepemilikan atas sebuah perusahaan. Dengan menjadi pemegang saham, Anda memiliki hak untuk memperoleh dividen yang pembagiannya ditentukan secara internal oleh RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Investasi saham merupakan pilihan investasi yang paling dicari bagi hampir setiap investor terutama investor milenial.

Alasannya, investasi saham memberikan imbal hasil tertinggi dibandingkan dengan jenis investasi yang lain. Namun, jangan lupa bahwa di balik sebuah potensi keuntungan yang besar, tentunya ada potensi risiko yang besar pula. Di sinilah seni berinvestasi saham, Anda harus mengetahui profil perusahaan dan laporan keuangannya agar Anda dapat memperoleh keuntungan investasi yang maksimal.

Mengenal Investasi Saham

Sebelum Anda mulai investasi di pasar saham, Anda harus paham bahwa investasi ini mengandung risiko yang besar dan juga harus dilakukan dalam jangka panjang. Jika Anda ingin memperoleh keuntungan dalam jangka pendek, sangat tidak disarankan untuk menginvestasikan dana Anda di pasar saham. Jika Anda telah memutuskan untuk menginvestasikan dana Anda di pasar saham, maka Anda wajib menguasai analisa fundamental dan teknikal, termasuk di dalamnya analisa makroekonomi dan analisa industri.

Investasi Saham Secara Langsung Lewat Perusahaan Sekuritas

Bagi Anda yang pemula, mungkin Anda bingung bagaimana cara investasi saham. Untuk dapat berinvestasi saham, Anda wajib membuka rekening di perusahaan sekuritas. Fungsi perusahaan sekuritas adalah perantara Anda melakukan transaksi jual beli saham karena Anda tidak dapat langsung melakukan transaksi di Bursa Efek Indonesia tanpa melalui perusahaan pialang.

Menggunakan Fasilitas Online Trading

Di era digital ini, hampir semua perusahaan sekuritas sudah menyediakan fasilitas online trading. Makanya, tidak heran kalau semakin banyak orang sekarang melakukan trading saham. Anda dapat memilih berbagai jenis pilihan saham yang cocok dengan Anda. Dengan menggunakan fasilitas online trading, Anda dapat melakukan transaksi jual beli di manapun Anda berada selama ada koneksi internet.

Cara Memilih Investasi Saham

Untuk mengetahui daftar saham apa saja yang dapat dibeli, Anda bisa lihat di daftar perusahaan tercatat di website Bursa Efek Indonesia. Setelah mendapatkan datanya, Anda bisa melakukan penyaringan dan memilih saham sebagai alat investasi.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!