Mau Investasi Unit Link? Sebaiknya Berpikir Dua Kali!

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Dewasa ini, Anda mungkin sering ditawari investasi lewat produk asuransi unit link. Banyak orang bingung, apakah produk ini termasuk produk asuransi atau produk investasi? Jika produk asuransi, kenapa ada investasinya? Jika produk investasi, kenapa ada asuransinya? Berikut penjelasannya.

Apa itu investasi plus asuransi?

Walaupun produk asuransi unit link mengandung unsur investasi, perlu diketahui bahwa fungsi utama dari produk ini tetaplah perlindungan asuransi. Investasi yang ada di dalam produk ini sebenarnya berfungsi untuk membayar kenaikan biaya asuransi di masa depan. Di dalam produk ini, terdapat 2 komponen biaya yang penting untuk Anda ketahui. Yang pertama adalah biaya asuransi dan yang kedua adalah premi asuransi. Premi asuransi sifatnya flat sesuai dengan masa kontrak produk tersebut, sedangkan biaya asuransi mengalami kenaikan setiap tahunnya, terutama di usia lanjut. Kenaikan biaya asuransi bersifat eksponensial sehingga suatu hari nanti, premi yang Anda bayarkan tidak akan cukup untuk membayar biaya asuransi di masa depan.

Kalau Anda perhatikan, di saat usia masuk awal produk ini, Anda menyetorkan premi yang jauh lebih mahal daripada biaya asuransi yang seharusnya. Sisa kelebihan dana inilah yang kemudian diinvestasikan ke dalam instrumen investasi dengan tujuan untuk digunakan di masa depan.

Jadi, jika Anda membeli produk ini, harus dipahami bahwa tujuan utamanya adalah untuk perlindungan, dan bukannya untuk mencari keuntungan.

Keunggulan produk unit link

Alasan utama orang memilih produk unit link adalah agar orang bisa berinvestasi dengan bonus mendapatkan asuransi. Padahal, seperti yang sudah kita bahas di atas, sebenarnya alasan ini kurang tepat. Memang, lebih baik Anda berinvestasi di produk unit link dibanding tidak berinvestasi sama sekali. Namun, tetap saja harus Anda pahami bahwa jika tujuan Anda membeli produk unit link adalah untuk berinvestasi, dapat dipastikan Anda akan kecewa karena hasilnya pasti tidak dapat mengalahkan performa investasi reksadana. Jika tujuan Anda adalah investasi, akan lebih baik jika Anda menempatkan dana di reksadana. Keunggulan membeli produk asuransi unit link adalah Anda dapat memprediksi budget premi asuransi Anda. Jika Anda membeli asuransi murni non unit link, tentunya premi asuransi yang Anda bayarkan akan mengalami kenaikan setiap waktunya.

Selain itu, produk asuransi unit link umumnya memiliki kontrak hingga usia 100 tahun, berbeda halnya dengan produk asuransi murni yang ada batas masa pertanggungannya. Jika Anda membeli produk asuransi murni, katakanlah masa proteksinya sudah habis, Anda belum tentu dapat memperpanjang masa proteksinya di masa depan. Alasannya? Tentu Anda tidak dapat menjamin bahwa Anda masih sehat pada saat masa proteksi produk tersebut berakhir. Dengan membeli produk asuransi unit link, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Hasil investasi unit link tidak optimal

Jika tujuan Anda membeli produk unit link adalah untuk investasi, Anda tidak akan memperoleh hasil investasi yang optimal. Perlu diketahui, di dalam produk unit link terdapat biaya-biaya seperti biaya akuisisi, biaya asuransi, biaya administrasi, biaya pembelian unit, dan yang lainnya. Keberadaan biaya-biaya ini membuat hasil investasi Anda menjadi tidak optimal karena akan mengganggu prinsip bunga berbunga (compounding interest) dalam berinvestasi. Dengan logika sederhana saja, Anda harusnya paham bagaimana mungkin investasi Anda dapat berkembang maksimal kalau terlalu banyak biaya yang dibebankan? Untuk itu, pastikan Anda memahami fungsi dan cara kerja produk unit link sebelum Anda memutuskan untuk investasi unit link.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!