Jenis Usaha Tanpa Modal yang Bisa Anda Lakukan

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Melakukan bisnis menjadi salah satu gaya hidup baru bagi masyarakat Indonesia. Bisnis membuat banyak orang mendapatkan pendapatan yang cukup banyak dan juga tidak terkekang dengan berbagai jenis peraturan seperti kita bekerja dengan orang lain. Namun, kebanyakan para pebisnis awal memilih melakukan usaha tanpa modal.

Karena dengan usaha tanpa modal membuat kita tidak mengalami kerugian jika memang ada hal yang membuat bisnis tidak laku. Tapi sebenarnya mindset seorang pebisnis tidak boleh seperti itu  dan harus tetap optimis. Tetapi sebagai pebisnis awal memang sangat wajar jika ada perasaan seperti itu.

Lalu, apakah ada solusi untuk bisa melakukan usaha tanpa menggunakan modal? Ada, masih ada harapan untuk Anda apalagi sekarang ini kita sudah berada di zaman yang cukup maju. Ingin tahu pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan tanpa modal? Berikut penjelasannya secara lengkap:

Melakukan Bisnis Online

Untuk usaha tanpa modal yang pertama dan paling sering dilakukan adalah dengan melakukan bisnis online. Ada banyak sekali bisnis online yang bisa Anda lakukan mulai dari menjadi penjual dengan sistem dropship, menjadi Admin media sosial, menjadi influencer, penulis, desain grafis, youtuber, bisnis afiliasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menjadi Agen Asuransi

Selanjutnya, Anda bisa menjadi seorang agen asuransi. Untuk menjadi agen asuransi Anda bisa mendaftar lowongan dari pihak asuransi yang membuka lowongan tersebut. Dengan menjadi agen asuransi, Anda bisa banyak belajar mengenai keuangan, kesehatan, dan juga sosial.

Ya, Anda bisa bertemu dengan banyak orang, memberikan fasilitas konsultasi bagi banyak orang, serta membantu banyak orang untuk bisa mendapatkan keinginan dan juga kenyamanan dalam menjalankan kehidupan tanpa takut sakit atau berbagai kemungkinan terburuk lainnya.

Menjual Jasa

Anda memiliki beberapa keterampilan? Anda bisa menjualnya kepada orang lain. Misalnya saja Anda memiliki bakat dalam melukis maka Anda bisa menjual lukisan tersebut. Jika Anda menyukai dunia penulisan maka Anda bisa menjual tulisan. Jika Anda bisa menjahit atau bahkan memijat orang lain, lakukan saja maka keuntungan akan segera Anda dapatkan.

Membuka Les Privat

Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang guru maka Anda bisa membuka les privat. Apa saja bidang Anda bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Anda bisa membuka les privat sendiri atau ikut lembaga bimbingan belajar online maupun offline. Dengan ini maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk modal.

Nah, itulah beberapa jenis usaha tanpa modal yang bisa Anda lakukan. Apakah ada yang cocok? Jika iya maka segera lakukan dan dapatkan uang yang banyak atas kerja keras Anda sendiri. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam bisnis ini!


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!