Kelebihan Obligasi Sebagai Investasi Buat Para Investor Pemula

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Berbicara mengenai investasi, investasi seperti saham maupun deposito tentu menjadi pilihan bagi banyak orang bukan? Tetapi ternyata terdapat jenis investasi lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan yakni obligasi. Kendati jenis investasi ini tidak seramai dengan saham maupun deposito, tetapi bukan berarti jenis investasi ini tidak ada yang memilih.

Saat ini, ORIO 18 menjadi salah satu bentuk obligasi Negara yang paling banyak dipilih karena beberapa keuntungan yang didapatkan seperti likuid, modal yang terjangkau, menawarkan keuntungan yang pasti, dijamin oleh Negara hingga bisa dikerjakan secara online. Berbicara mengenai investasi yang satu ini, apakah Anda sudah tahu apa itu obligasi dan kelebihannya? 

Kelebihan Obligasi Sebagai Pilihan Para Investor Pemula 

Sebelum mengetahui apa sajakah kelebihan yang ditawarkan oleh jenis investasi obligasi ini, apakah Anda sudah tahu apa itu obligasi? Ini merupakan surat utang yang diterbitkan oleh entitas pemerintahan maupun perusahaan dalam jangka waktu tertentu. 

Apabila seseorang mempunyai obligasi, maka Negara maupun perusahaan akan berhutang pada Anda dengan jumlah yang dijanjikan serta waktu jatuh tempo yang sesuai dengan kesepakatan. Selain itu, pihak debitur atau Negara maupun perusahaan akan membayarkan bunga maupun kupon kepada Anda untuk setiap bulannya. 

Jenis investasi yang satu ini juga tergolong sebagai investasi yang akan memberikan keamanan yang lebih terutama bagi para pemula. Selain itu, terdapat beberapa kelebihan dari jenis investasi ini, diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Bisa Memperoleh Keuntungan dari Kupon atau Bunga 

Kelebihan pertama dari obligasi yakni para pelaku bisa memperoleh keuntungan yang mana berasal dari bunga atau kupon. Bunga itu sendiri dibagi menjadi tiga jenis yaitu kupon tetap, kupon mengambang atau tidak ada kupon di dalamnya. Semakin lama berinvestasi maka keuntungannya juga akan semakin besar. 

2. Bisa Memperoleh Capital Gain 

Tidak hanya itu saja, para pelaku jenis investasi yang satu ini pun juga berkesempatan untuk memperoleh capital gain ketika menjual obligasi kepada investor umum. Capital gain sendiri merupakan keuntungan yang bisa didapatkan dimana dihitung berdasarkan selisih harga jual dikurangi dengan harga beli dari sebuah obligasi. 

3. Dapat Dijadikan Sebagai Jaminan

Apabila Anda membutuhkan dana pinjaman dari bank maupun leasing, pasti Anda harus menyediakan jaminan atau agunan bukan? Nah, obligasi pun bisa Anda jadikan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman ke bank. 

4. Pasti Dibayarkan Kembali

Kelebihan lainnya adalah Anda tidak perlu khawatir karena tingkat keamanan dari investasi yang satu ini pun sudah terjamin. Tidak heran apabila pasti akan dibayarkan kembali bahkan ditambah dengan return atau kupon. 

Bingung memilih investasi yang cocok untuk pemula? Obligasi adalah pilihan yang terbaik untuk Anda. ini merupakan jenis investasi dimana memberikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!