Kenali Peluang Beserta Keunikan Bisnis Asuransi

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Banyak hal diupayakan sebagian besar masyarakat untuk memperoleh penghasilan. Di samping dari bekerja, orang-orang banyak tertarik dalam memulai atau merintis bisnis sendiri. Dari banyaknya bentuk bisnis yang ada, bisnis asuransi dapat Anda jadikan peluang yang memberikan banyak keuntungan.

Definisi Umum Asuransi

Asuransi sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan atau ganti rugi diberikan secara finansial. Baik untuk jiwa, kesehatan, properti,dan asuransi lainnya, akan memperoleh ganti rugi dari berbagai kejadian yang tak terduga. Seperti kerusakan, kehilangan, dan juga sakit yang mewajibkan pembayaran premi secara berkala dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti rugi polis yang menjamin berbagai jenis perlindungan.

Dari definisi tersebut, terdapat keunikan bisnis asuransi yang mungkin jarang kita perhatikan.

Kebutuhan perlindungan diri seperti asuransi sangatlah diperlukan. Namun banyak asuransi menyediakan jenis setoran yang berbeda, dan uniknya banyak orang yang akan menanyakan harga setoran paling kecil. Asuransi sangatlah penting, tetapi pada umumnya orang-orang akan tertarik melakukan pengajuan setelah melihat adanya kejadian pada orang terdekat atau diri sendiri.

Keunikan bisnis asuransi lainnya adalah polis atau setoran  yang dibayarkan cukup ratusan ribu per bulan, namun klaim asuransi bisa mencapai milyaran. Keunikan lainnya, dimana para pelanggan cukup membayar sebentar, namun tanggungan dari pihak asuransi bisa mencapai seumur hidup.

Peran Asuransi

Di balik keunikan bisnis asuransi, terdapat peran asuransi yang dapat membantu dan berperan dalam memfasilitasi kehidupan masyarakat. Peran ini diantaranya :

  1.     Memberikan Rasa Aman kepada Pelanggan

Kehadiran asuransi menjamin hak pelanggan yakni pertanggungan. Ketika membeli polis asuransi, berarti anda melakukan perjanjian pengalihan risiko. Dari Anda sebagai pihak tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Jadi ketika suatu saat nanti Anda mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, bencana alam, hilangnya harta benda, bahkan kematian akan menjadi tanggungan pihak asuransi. Dengan begitu Anda menjadi merasa aman dalam menjalani hari.

  1.     Sarana Menabung

Beberapa jenis asuransi menyediakan nilai tunai yang bisa Anda ambil sewaktu-waktu. Jenis asuransi ini adalah whole life atau endowment serta unit link yang menawarkan hasil investasi.

Endowment atau asuransi dwiguna merupakan asuransi jiwa yang memberikan jaminan dana pertanggungan asuransi pada saat yang tertanggung meninggal selama masih di dalam periode tertentu.

  1.     Bentuk Jaminan di Hari Tua

Asuransi juga dapat menjamin kehidupan Anda di hari tua nanti, yakni saat Anda sudah mulai tidak produktif dan berpenghasilan lagi. Dengan membayar setoran atau premi pada jangka waktu tertentu Anda bebas untuk memperoleh pertanggungan baik bulanan atau sekaligus. Sehingga Anda menginvestasikan uang Anda agar berkembang dan bisa Anda nikmati di masa tua.

  1.     Menjamin Aset-Aset Terlindungi

Nah, keunikan bisnis asuransi selanjutnya adalah memberikan jaminan serta perlindungan kepada aset serta adanya ganti rugi kehilangan dan juga kerusakan. Sehingga aset yang Anda miliki dapat terjaga dengan baik. Aset-aset ini seperti properti, kendaraan, dan barang seni.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!