Kenapa Perlu Asuransi Sejak Usia Muda?

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Jika Anda bertanya kepada seorang ahli di bidang keuangan, kenapa perlu asuransi sejak usia muda? Hal tersebut tentu tidak akan lepas dari faktor risiko maupun alasan lainnya, seperti:

Membantu Fokus di Perencanaan Keuangan

Sejak usia muda, Anda harus pintar merencanakan keuangan. Ketika Anda sudah mendapatkan pekerjaan dengan pendapatan yang bisa dialokasikan sedikit untuk investasi, Anda perlu berpikir untuk mengalokasikan uang yang dimiliki untuk program jangka panjang seperti asuransi. Dengan memiliki asuransi, Anda bisa lebih fokus dalam merencanakan pengeluaran, khususnya pengeluaran mendadak yang tidak bisa dideteksi dengan mudah.

Misalnya saja pada saat liburan, Anda jatuh sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit, tentu perlindungan yang bisa didapatkan apabila Anda tidak memiliki jaminan kesehatan dari pemerintah, Anda bisa memanfaatkan asuransi yang dimiliki untuk membayar biaya pengobatan.  

Premi Murah dengan Manfaat Cukup Banyak

Ketika Anda masih muda, tentu akan ada banyak program asuransi yang bisa dipilih, tentunya dengan premi murah dan manfaat yang cukup banyak. Hal ini umumnya karena usia muda memiliki faktor risiko yang lebih rendah jika dibandingkan dengan usia lanjut. Manfaat yang didapatkan juga umumnya sudah meliputi perlindungan jiwa dan finansial.

Tanda Rasa Kasih Sayang untuk Keluarga

Ketika Anda sudah memiliki pasangan maupun buah hati di usia muda, mengikutsertakan diri ke dalam program asuransi memiliki keuntungan jangka panjang yang tidak hanya dinikmati oleh diri sendiri sebagai pemegang polis, tetapi juga keluarga seperti istri dan anak. Ketika kemungkinan terburuk, Anda meninggal karena sakit atau kecelakaan, perlindungan asuransi yang diberikan akan mampu membantu meringankan beban finansial bagi keluarga yang ditinggalkan.

Membantu Meringankan Beban untuk Dana Darurat

Kenapa perlu asuransi? Jawabannya terletak pada kejadian tidak terduga dalam hidup yang kadang membutuhkan dana darurat dalam mengatasinya. Ketika Anda memiliki asuransi yang pemanfaatannya jelas, Anda bisa membantu diri sendiri untuk mengatur dana darurat dan secara tidak langsung meringankan beban untuk penyediaan dana darurat jangka panjang.

Asuransi Mampu Meminimalkan Risiko Finansial

Setiap individu pasti memiliki risiko finansial yang berasal dari kejadian tidak terduga, seperti kecelakaan atau sakit saat liburan, kehilangan aset karena bencana alam, atau risiko lainnya. Memiliki asuransi yang tepat mampu membantu pemiliknya meminimalisir risiko finansial yang dikhawatirkan memberikan kerugian jangka panjang.

Bermanfaat Sebagai Tabungan Sekaligus Investasi

Ketika Anda berpikir kenapa perlu asuransi, maka berkacalah pada tujuan Anda di awal saat ingin membeli program asuransi. Jika Anda termasuk orang yang ingin mendapatkan keuntungan berlipat ganda di akhir masa keikutsertaan asuransi, ada banyak pilihan program asuransi yang bisa bermanfaat sebagai tabungan sekaligus investasi jangka panjang.

Namun demikian, untuk mendapatkan keuntungan yang pasti berlipat, Anda bisa ikut serta dalam program asuransi yang memiliki manfaat dana pensiun atau dana pengembangan masa tua yang diperoleh dari investasi kerjasama reksadana.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!