Mengetahui Lebih Jauh Tentang Peluang Keuntungan dari Reksadana Campuran

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Selain reksadana saham, kini banyak orang mulai tertarik dengan reksadana campuran. Jenis reksadana ini sebenarnya merupakan gabungan dari beberapa instrumen investasi, yaitu dapat berupa saham, obligasi, hingga pasar uang. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai peluang keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan berinvestasi melalui reksadana jenis ini :

Reksadana campuran relatif lebih aman

Banyak orang memilih untuk berpikir ulang berinvestasi dalam bentuk reksadana saham karena meski peluang keuntungannya besar, risikonya juga merupakan yang paling tinggi. Oleh karena itu, reksadana campuran hadir sebagai pilihan bagi Anda yang ingin memiliki investasi yang relatif lebih aman. Kebijakan investasi yang fleksibel ini membuat manajer investasi dapat lebih mudah mengalihkan reksadana pada instrumen yang lebih berpotensi menghasilkan imbal hasil tinggi pada waktu tertentu.

Bila kondisi pasar saham sedang tidak kondusif, manajer investasi akan bergerak untuk mengalihkan sebagian besar investasi Anda pada instrumen lain yang lebih menjanjikan seperti pasar uang ataupun obligasi.

Dapat membeli banyak instrumen sekaligus dengan modal kecil

Dengan membeli reksadana campuran, secara tidak langsung Anda membeli beberapa jenis instrumen investasi sekaligus. Dewasa ini, reksadana dapat dibeli hanya dengan modal awal 100 ribu rupiah saja. Hal ini tentu dapat menjadi solusi diversifikasi bagi Anda yang baru ingin belajar berinvestasi tetapi belum memiliki modal yang besar. Setoran modal awal yang relatif terjangkau ini pun juga membuat Anda selaku investor tidak was – was apabila nantinya di tengah jalan reksadana yang Anda beli mengalami anjlok atau kerugian.

Cocok untuk investasi jangka menengah hingga panjang

Peluang keuntungan lain yang dapat Anda peroleh bila Anda berinvestasi lewat reksadana campuran adalah kesesuaiannya sebagai sarana investasi jangka menengah – panjang. Selain ideal untuk Anda yang menginginkan investasi dengan jangka 3 – 5 tahun atau bahkan lebih, jenis reksadana ini juga cocok untuk Anda para investor dengan profil risiko moderat (sedang).

Aturan dalam reksadana campuran

Reksadana campuran yang juga sering kali disebut sebagai hybrid funds ini juga memiliki aturan yang jelas. Reksadana jenis ini merupakan gabungan dari saham (ekuitas), pasar uang (deposito), hingga surat hutang (obligasi) di mana persentase maksimal untuk salah satu instrumen investasi adalah sebesar 79%. Apabila persentase alokasi salah satu instrumennya lebih dari 90%, maka jenis investasi tersebut bukan lagi tergolong reksadana campuran. Bila 90% isinya adalah obligasi maka tergolong reksadana pendapatan tetap dan bila 90% isinya merupakan ekuitas (saham) akan menjadi reksadana saham.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!