Apakah Manfaat Asuransi bagi Nasabahnya? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini!

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Tingkat minat masyarakat terhadap program lembaga keuangan non-bank seperti asuransi masih sangatlah rendah. Hal ini disinyalir oleh karena masih sedikitnya informasi yang didapatkan oleh masyarakat terkait program tersebut. Masih banyak masyarakat Indonesia terutama yang golongan menengah ke bawah menganggap bahwa asuransi itu adalah produk konsumsi bagi masyarakat kelas atas yang dianggap memiliki dana melimpah dan aset berharga yang dirasa perlu mendapatkan proteksi lebih. Bagi Anda yang merasa masih memiliki stereotip seperti di atas serta masih bingung apakah manfaat asuransi bagi nasabahnya, inilah saatnya Anda memahami seberapa penting dan besarnya manfaat asuransi secara umum bagi kehidupan Anda di masa datang.

Manfaat Asuransi bagi Para Nasabah

Bila dilihat dari sudut pandang finansial, asuransi adalah alat yang digunakan untuk meminimalisir risiko perekonomian dengan cara berkoordinasi dengan sejumlah orang/ unit kerja/ perusahaan dengan potensi risiko yang hampir sama. Koordinasi ini sangat bermanfaat karena bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kerugian pun bisa ditanggung secara bersama-sama dari semua pihak yang terlibat dalam gabungan tersebut.

Ilustrasi gambar manfaat perlindungan asuransi

Gambar 1. Manfaat Asuransi Secara Umum

Nah, untuk mengetahui lebih detail tentang asuransi sekaligus menjawab pertanyaan penting yang ada di benak semua orang yakni apakah manfaat asuransi bagi nasabahnya, berikut akan dijelaskan lebih lengkap mengenai hal tersebut.

  1. Proteksi terhadap Risiko Ketidakpastian Finansial di Masa Datang

Anda termasuk ke dalam orang-orang yang kurang siap menghadapi risiko bila terjadi kejadian tak terduga yang membutuhkan biaya banyak di masa depan? Inilah saatnya Anda memikirkan untuk mencoba asuransi. Kehadiran program ini dapat meringankan beban Anda nanti ketika terjadi kejadian tak diinginkan. Setidaknya dengan memiliki asuransi, kebutuhan finansial Anda akan ter-cover sebagian bahkan seluruhnya.

  1. Meminimalisir Kerugian

Manfaat lain yang tak kalah pentingnya dari asuransi adalah meminimalisir kerugian akibat kerusakan atau kehilangan aset-aset berharga Anda. Misalnya saja bila Anda memutuskan mengasuransikan rumah Anda maka ketika suatu hari nanti terjadi kerusakan yang tidak disengaja seperti kebakaran maka pihak asuransi akan membantu Anda mengganti biaya kerugian karena kebakaran tersebut. Jadi Anda tidak perlu kalang kabut akibat pengeluaran keuangan dalam jumlah besar secara mendadak untuk menutupi kerugian akibat kebakaran tersebut.

  1. Pengeluaran Keuangan Tiap Bulan Lebih Stabil dan Teratur

Mengatur keuangan merupakan salah satu hal paling penting yang mesti Anda pikirkan ketika sudah bekerja dan mandiri secara finansial. Sudah menjadi rahasia umum jikalau banyak orang yang sebenarnya memiliki gaji besar tiap bulannya namun karena tidak mampu mengatur keuangan dengan baik maka boro-boro untuk investasi dan menabung, mereka bahkan menjadi “melarat” di akhir-akhir bulan. Oleh karena itulah, adanya kewajiban membayar premi secara rutin yang menjadi program asuransi tiap bulannya bila Anda menjadi nasabah membuat Anda menjadi disiplin untuk “memaksa” diri Anda sendiri menyediakan dana cadangan tiap bulannya. Jadi, Anda pun terhindar dari melakukan pengeluaran yang tidak perlu dan tidak terduga yang biasanya jumlahnya jauh lebih tinggi daripada pengeluaran rutin harian dan bulanan Anda.

  1. Alternatif Loss Control yang Paling Jitu

Tak hanya membantu dalam mengatur pengeluaran serta membantu finansial Anda pada waktu-waktu yang tidak terduga, asuransi juga berfungsi sebagai alternatif pengendali kerugian (loss control) paling jitu dan tepat bagi Anda nantinya. Segala hal yang berkenaan dengan kehilangan dan kerusakan properti serta diri pribadi di masa datang akan bisa diminimalisir kerugiannya nantinya.

  1. Sebagai Tabungan dan Investasi Masa Depan

Manfaat paling penting lain bila Anda memutuskan untuk mendaftar sebagai pemegang polis asuransi adalah bahwa program ini dapat berfungsi sebagai tabungan sekaligus investasi masa depan yang potensial. Biasanya Anda akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi di akhir masa kontrak. Tentunya hal ini disertai dengan kelonggaran dan fleksibilitas bagi Anda pada masa pertanggungan. Tak hanya itu, bagi Anda yang tertarik dan masih bertanya-tanya dalam hati sebenarnya apakah manfaat asuransi bagi nasabahnya, maka produk asuransi yang namanya unitlink sebenarnya sangat bermanfaat bagi Anda karena nilai tunai investasinya sangat fleksibel dan bisa Anda ambil kapan saja dibutuhkan.

Setelah mengetahui manfaat asuransi bagi para nasabahnya secara umum, maka kini saatnya Anda harus mengetahui lebih dalam apa-apa saja jenis asuransi yang banyak digunakan di Indonesia serta manfaatnya masing-masing. Diharapkan setelah memahami hal tersebut, Anda bisa menentukan asuransi jenis apa yang akan Anda pilih dan cocok bagi Anda.

Manfaat Tiap-tiap Jenis Asuransi yang Banyak Digunakan di Indonesia

Mengingat jenis-jenis asuransi ada banyak di Indonesia maka sebagai pemula Anda perlu mengetahui bahwa setiap jenis asuransi tersebut memiliki ketentuan dan perlindungan khusus yang berbeda satu sama lain tergantung pada fungsinya masing-masing. Beberapa jenis asuransi yang paling banyak digunakan di Indonesia yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum benar-benar menyimpan dana Anda pada perusahaan asuransi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memberikan jaminan perawatan atau biaya kesehatan kepada Anda sebagai pemegang polis bila jatuh sakit atau terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

Ilustrasi manfaat asuransi kesehatan

Gambar 2. Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi yang satu ini juga menjamin akan tersedianya dana yang dibutuhkan untuk membiayai kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga Anda selaku pengguna asuransi. Seperti diketahui bahwa sakit dan kecelakaan merupakan dua hal yang tidak bisa diprediksi kapan terjadi dan pastinya tidak diinginkan untuk terjadi, dampaknya juga pastinya tidak kita inginkan. Oleh karena itulah, asuransi kesehatan akan membantu Anda dalam memberikan jaminan kesehatan bila sewaktu-waktu Anda jatuh sakit atau tertimpa kecelakaan dengan memberikan bantuan biaya operasi dan rawat inap.

2. Manfaat Asuransi Properti

Asuransi yang satu ini belum terlalu populer di kalangan masyarakat padahal asuransi properti sangat berguna untuk memberikan jaminan kepada Anda atas aset-aset penting yang selama ini Anda miliki.

Ilustrasi manfaat asuransi properti

Gambar 3. Manfaat Asuransi Properti

Beberapa aset utama yang bisa dimasukkan ke dalam asuransi properti adalah rumah, gedung, gudang, ruko, rukan dan kantor Anda. Lebih jauh, bisnis yang dimiliki juga dapat menjadi sub-jenis asuransi properti bagi Anda. Jadi, bila ada kerusakan atau kehilangan aset-aset penting yang sudah diasuransikan, maka pihak penyedia asuransi akan memberi ganti rugi untuk setiap kehilangan atau kerusakan pada aset-aset penting dan berharga Anda tersebut.

3. Manfaat Asuransi Jiwa

Seperti namanya, asuransi jiwa ditujukan bagi Anda yang menanggung kerugian finansial akan suatu hal yang tak terduga yang bisa disebabkan oleh risiko kematian bahkan risiko hidup yang terlalu lama. Misalnya bila terjadi kecelakaan lalu lintas pada kepala rumah tangga atau pencari nafkah, maka keluarganya bisa mendapatkan nilai dari asuransi jiwanya.

4. Manfaat Asuransi Pendidikan

Bagi Anda yang baru saja memiliki anak atau berencana memiliki anak bersama pasangan dalam waktu dekat, salah satu alternatif tabungan pendidikan yang potensial untuk Anda coba adalah asuransi pendidikan. Program ini dapat membantu Anda menabung biaya pendidikan anak-anak Anda sedini mungkin mulai dari jenjang pendidikan tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Sebagai informasi, asuransi pendidikan ini ada dua jenis yakni investasi dan proteksi. Anda bisa mencoba salah satu diantara keduanya. Namun pastikan Anda memahami lebih dalam mengenai masing-masing jenis asuransi pendidikan yang akan Anda pilih sebelum memutuskan.

5. Manfaat Asuransi Jaminan Hari Tua

Setiap orang pastinya ingin pensiun dengan santai tanpa memikirkan beban finansial sama sekali. Oleh karena itulah, banyak orang mencoba asuransi jaminan hari tua selagi masih berada pada masa produktif. Tujuan asuransi ini adalah agar bisa membantu para penggunanya untuk mewujudkan impian mereka setelah memasuki masa tua. Selain itu, asuransi jaminan hari tua juga memberikan kepastian pendapatan saat menjalani masa pensiun serta juga kepada keluarga si pemegang polis apabila ia meninggal dunia.

6. Manfaat Asuransi Perjalanan

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan misalnya itu perjalanan dinas ke luar negeri, maka pastinya kehilangan barang-barang berharga seperti dokumen perjalanan dan sebagainya menjadi salah satu hal yang paling rentan terjadi. Oleh karena itulah, asuransi yang memberikan jaminan perlindungan terhadap barang-barang bagasi dan dokumen perjalanan hingga biaya medis Anda sangat wajib untuk dicoba sesegera mungkin. Asuransi yang dikenal sebagai asuransi perjalanan ini dapat memberikan jaminan perlindungan kepada Anda saat sedang dalam perjalanan.

7. Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor

Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor apalagi jumlahnya lebih dari satu, mengasuransikan kendaraan bermotor kesayangan Anda patut juga untuk dipertimbangkan.

Ilustrasi manfaat asuransi kendaraan bermotor

Gambar 4. Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor

Belum lagi bila Anda termasuk ke dalam orang-orang yang mengoleksi mobil-mobil klasik atau mobil-mobil impor yang harganya fantastis misalnya Lamborgini dan Ferrari. Pastinya asuransi kendaraan bermotor seperti ini akan membuat Anda lebih tenang. Alasannya karena pihak penyedia asuransi akan menanggung bila terjadi kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor Anda yang bisa disebabkan oleh pencurian, kebakaran, perbuatan-perbuatan jahat orang lain serta kecelakaan lalu lintas misalnya tabrakan, terperosok atau benturan-benturan yang tidak diinginkan.

Selain memberikan manfaat baik secara umum dan khusus, program ini juga bisa mendatangkan keuntungan-keuntungan yang sebenarnya manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas yang notabene bukan nasabahnya. Keuntungan yang dimaksud adalah keuntungannya sebagai invisible earnings yang mampu berskala nasional hingga internasional. Mengapa bisa seperti itu? Jadi dengan adanya aktivitas invisible exports oleh perusahaan asuransi yang dimaksud yakni dengan melimpahkan sebagian risiko kepada pihak asing atau menjual asuransi ke luar negeri maka tentulah hal ini akan meningkatkan devisa negara. Seiring dengan itulah, manfaatnya akan mampu dirasakan oleh banyak orang.

Demikianlah beberapa manfaat asuransi serta keuntungannya yang dirasakan secara nasional. Jadi, bagi Anda yang masih bertanya-tanya apakah manfaat asuransi bagi nasabahnya sebenarnya, maka penjelasan manfaat serta jenis-jenisnya ini akan sangat berguna untuk menentukan dan memilih layanan asuransi apa yang tepat bagi Anda dan keluarga. Pemahaman mengenai asuransi yang baik serta manajemen resiko yang juga cukup baik akan membantu Anda untuk memilih dan menentukan secara tepat apa produk asuransi yang cocok dan sesuai untuk Anda. Pastikan Anda beserta keluarga sudah berdiskusi terlebih dahulu tentang jenis asuransi yang akan diambil. Jangan sampai asal ambil karena bila tidak paham maka ditakutkan akan menyulitkan Anda kelak saat akan melakukan pembayaran.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!