Manfaat Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Masih sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya soal manfaat asuransi secara umum, di artikel ini kita akan membahas lebih dalam manfaat dari salah satu jenis asuransi, yaitu asuransi jiwa. Asuransi jiwa menjadi salah satu jenis asuransi yang menjadi pilihan bagi kebanyakan orang terutama bagi mereka yang memiliki tanggungan. Berikut beberapa manfaat asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui.

  1. Melindungi ahli waris

Manfaat asuransi jiwa yang pertama adalah melindungi ahli waris, Dengan menggunakan asuransi jiwa maka Anda dapat melindungi ahli waris Anda dari beban-beban finansial yang menyulitkan jika terjadi sesuatu dengan pemberi nafkah utama keluarga. Asuransi jiwa dapat diklaim apabila pihak tertanggung meninggal dunia. Meskipun manfaat asuransi jiwa tidak dapat mencegah musibah tetapi asuransi jiwa tentunya dapat meminimalkan kerugian finansial yang diakibatkan oleh musibah tersebut.

  1. Mencegah hilangnya penghasilan keluarga

Manfaat asuransi jiwa kedua adalah mencegah hilangnya penghasilan keluarga. Jika pemberi nafkah utama keluarga meninggal dunia, tentunya income keluarga juga menjadi hilang. Dengan memiliki asuransi jiwa, keluarga Anda akan mendapatkan manfaat berupa uang tunai yang dapat digunakan untuk melanjutkan kehidupan. Hal ini berarti keluarga Anda tidak perlu harus menjual aset atau bahkan berutang jika terjadi sesuatu dengan Anda sebagai pemberi nafkah utama.

  1. Adanya perasaan aman

Manfaat asuransi jiwa berikutnya adalah dapat memberikan Anda perasaan aman dan tenang akan masa depan. Namun, Anda harus pastikan apakah asuransi jiwa yang sudah Anda miliki sudah sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Jangan sampai Anda membeli asuransi jiwa dengan manfaat yang ala kadarnya.

  1. Mengelola Uang Anda Secara Tepat

Manfaat asuransi jiwa berikutnya adalah membantu Anda mengalokasikan dana untuk masa depan. Buat Anda yang sulit menabung dan cenderung boros, dengan memiliki asuransi jiwa tentunya Anda akan seolah-olah dipaksa menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk membayar premi asuransi secara berkala.

  1. Sebagai Alternatif Investasi

Beberapa produk asuransi jiwa ada yang berjenis unitlink di mana produk ini merupakan gabungan antara produk asuransi dan investasi. Dengan membeli produk asuransi jiwa unitlink tentunya Anda akan memperoleh manfaat proteksi sekaligus investasi. Menariknya, nilai investasi ini dapat Anda ambil sewaktu-waktu di kala Anda sedang membutuhkan uang tunai.

  1. Cara Paling Murah dan Mudah Memiliki Uang Cash

Manfaat asuransi jiwa yang paling penting adalah mengenai peran asuransi menyediakan uang cash dalam jumlah besar untuk Anda dan keluarga. Katakanlah Anda memiliki asuransi jiwa dengan Uang Pertanggungan 1 Milyar Rupiah. Bayangkan, berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengumpulkan dana sebesar itu. Padahal, yang namanya risiko tidak ada yang tahu kapan datangnya. Dengan memiliki polis asuransi jiwa dan hanya menyetor premi dalam jumlah yang kecil, Anda akan lebih tenang karena jika terjadi sesuatu dengan diri Anda, perusahaan asuransi akan memberikan uang cash dalam jumlah besar.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!