Manfaat Asuransi Secara Umum dan Jenis yang Disediakan Perusahaan

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Tak sedikit orang yang masih meragukan manfaat asuransi walau perusahaan yang menyediakan layanan ini semakin banyak. Asuransi, secara garis besar, merupakan sistem, tindakan, atau bisnis yang bertanggung jawab atas ganti rugi untuk kesehatan, jiwa, properti, maupun kejadian yang sifatnya tak bisa dihindari (kehilangan, kerusakan, atau kematian). Dengan demikian, asuransi menjadi alat untuk mengurangi risiko keuangan.

Salah satu faktor yang membuat masyarakat bimbang terhadap manfaat asuransi adalah imejnya yang kerap dikaitkan dengan nasabah kelas menengah ke atas. Kenyataannya, asuransi memberikan banyak benefit tanpa memandang lapisan masyarakat.

Manfaat asuransi bagi masyarakat secara umum

Ada empat manfaat asuransi bagi masyarakat secara umum yang bisa Anda rasakan dari layanan tersebut, antara lain:

  1. Ketenangan jangka panjang

ilustrasi ketenangan dari asuransi

Manfaat asuransi paling nyata yang akan Anda peroleh adalah ketenangan jangka panjang. Dengan mengambil produk asuransi tertentu, nasabah akan menerima jaminan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis.  Asuransi akan menyadarkan Anda akan pentingnya persiapan sejak jauh-jauh hari. Dengan begitu, kerugian yang akan dihadapi akan terasa lebih ringan dan tak membebani banyak pihak.

  1. Berperan sebagai tabungan dan investasi

Benefit asuransi selanjutnya berkaitan dengan fungsi asuransi sebagai tabungan dan investasi. Nasabah yang menjadi pemegang polis di perusahaan asuransi biasanya akan mendapatkan jaminan pengembalian berupa investasi di akhir kontrak dengan fleksibitas dan kelonggaran pada masa pertanggungan. Ada juga produk asuransi unitlink di mana nilai tunai investasinya dapat diambil fleksibel sewaktu-waktu Anda butuhkan.

  1. Meminimalkan kerugian yang terjadi

Benefit ini adalah salah satu faktor pentingnya asuransi yang kerap dijadikan sorotan. Setiap jenis asuransi mempunyai masing-masing fungsi dan layanan dengan fokus meminimalkan kerugian atau risiko yang kelak dihadapi nasabah.

Sebagai contoh, manfaat asuransi pada properti memungkinkan Anda mendapatkan ganti rugi saat bangunan terbakar atau rusak akibat bencana alam. Uang yang didapatkan dari klaim nantinya dapat dimanfaatkan untuk dana renovasi.

  1. Memudahkan pengelolaan keuangan

Mengambil produk asuransi pun tak akan serta-merta mengacaukan kondisi finansial Anda. Asuransi dalam perencanaan keuangan akan berperan sebagai prioritas, baik berupa tabungan atau investasi, yang wajib dibayar secara berkala.

Nasabah yang mendaftar sebagai pemegang polis asuransi secara tak langsung terbantu untuk menekan pengeluaran. Selain itu, Anda juga akan langsung mendapatkan bantuan saat mengalami kecelakaan atau kejadian tak terduga lainnya yang ditanggung produk asuransi.

Keuntungan dan manfaat asuransi sesuai jenisnya

Anda yang ingin mengetahui manfaat asuransi secara spesifik dapat mempelajarinya lewat jenis produk yang ditawarkan. Sebagian besar perusahaan menyediakan berbagai jenis produk asuransi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah tujuh jenis asuransi yang paling sering digunakan di Indonesia beserta benefitnya.

  1. Asuransi kesehatan

Sesuai namanya, manfaat asuransi kesehatan mencakup jaminan biaya kesehatan atau perawatan kepada pemegang polis saat jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Anda yang jadi nasabah produk ini akan menerima sejumlah uang sesuai kesepakatan untuk menebus kebutuhan kesehatan. Akan tetapi, Anda harus mencermati kontrak maupun persyaratan sebab tak semua penyakit dan kejadian terkait kesehatan maupun perawatan ditanggung asuransi.

  1. Asuransi properti

ilustrasi rumah

Manfaat asuransi yang bakal Anda peroleh dari produk ini mencakup jaminan pada aset penting seperti rumah, perkantoran, dan jenis bangunan lainnya. Karena kurang populer, mungkin Anda belum terlalu familiar dengan jenis asuransi ini. Namun, kalau Anda membeli properti secara kredit, biasanya bank mewajibkan Anda untuk membeli asuransi properti.

  1. Asuransi jiwa

Selanjutnya ada manfaat asuransi jiwa yang dapat memberikan uang pertanggungan akibat risiko kematian. Orang yang membutuhkan asuransi jiwa adalah orang yang memiliki tanggungan ataupun pemberi nafkah utama keluarga.

  1. Asuransi pendidikan

Ingin memberikan manfaat asuransi pendidikan anak kepada sang buah hati? Berarti Anda dapat mengandalkan asuransi pendidikan yang tepat sebagai opsi alternatif tabungan sekolahnya di masa depan. Nasabah biasanya mengambil jenis asuransi ini sejak anak masih dalam kandungan atau baru lahir sehingga jumlahnya akan cukup besar saat klaim diajukan.

  1. Asuransi jaminan hari tua

Manfaat asuransi dari produk ini diperuntukkan bagi Anda yang pengin punya jaminan saat masuk masa pensiun. Klaim asuransi jaminan hari tua juga dapat diterima keluarga apabila tertanggung meninggal dunia. Akan tetapi, Anda perlu ingat ada perbedaan asuransi dan dana pensiun yang harus diketahui. Dana pensiun biasanya hanya diberikan kepada karyawan yang bekerja di sebuah institusi, sementara asuransi bisa diambil oleh siapa saja. Produk asuransi jaminan hari tua ini umumnya disediakan pemerintah atau Anda bisa mengikuti programnya secara mandiri lewat DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).

  1. Asuransi perjalanan

Selanjutnya ada asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan kepada nasabah saat mereka sedang melakukan perjalanan. Jaminan tersebut dapat berupa biaya medis, ganti rugi kehilangan barang tertentu atau dokumen penting (misalnya paspor dan visa), dan lain sebagainya.

  1. Asuransi kendaraan

Terakhir ada asuransi kendaraan bermotor atau mobil yang cukup diminati di Indonesia. Jaminan yang ditawarkan produk ini adalah proteksi dari kerusakan maupun kerugian pada kendaraan seperti sepeda motor dan mobil milik nasabah pemegang polis. Keuntungan asuransi yang terdapat dalam asuransi kendaraan mencakup ganti rugi terhadap kecelakaan lalu lintas (benturan, tabrakan, hingga kendaraan terperosok), kebakaran, pencurian, hingga perbuatan jahat dari pihak lain.

Kesimpulan

Pemilihan dan penggunaan layanan yang tepat akan memberikan manfaat asuransi menyeluruh kepada Anda dan keluarga sebagai nasabah asuransi. Ingat bahwa asuransi dibutuhkan semua orang dan bukan hanya untuk orang-orang menengah ke atas saja. Pemahaman mengenai manajemen risiko dan asuransi yang baik akan membantu Anda dalam menentukan jenis produk yang sesuai. Asal mengambil bukan cuma menyulitkan Anda saat akan melakukan pembayaran, tetapi juga menjauhkan Anda dari manfaat asuransi yang sesungguhnya.


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!