Menyusun Rencana Keuangan yang Cerdas

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Anda sebaiknya merancang rencana keuangan yang baik, terutama jika Anda kini sudah berpenghasilan. Tentunya proses perencana keuangan yang baik akan membantu Anda untuk menyimpan lebih banyak penghasilan yang Anda miliki dan mengeluarkan biaya kebutuhan dengan teratur sesuai kebutuhan namun tidak berlebihan.

 

Tentukan Tujuan Pencapaian Masa Depan

Sangat penting untuk Anda memiliki dana cadangan atau tabungan, karena kita tidak akan pernah tahu kapan adanya kebutuhan mendadak yang bisa saja muncul sewaktu-waktu. Jika Anda sudah memiliki dana tabungan atau cadangan, maka tentunya bisa Anda gunakan saat keadaan terdesak. Dengan perencana keuangan yang baik dan cerdas juga bisa membantu Anda untuk mengumpulkan dana yang kelak bisa Anda gunakan untuk keperluan yang besar, seperti biaya pernikahan atau membeli rumah. Semua orang pasti berkeinginan untuk menjadi kaya, namun kita juga harus realistis dan lebih menentukan tujuan pencapaian kita dengan lebih spesifik. Dengan tujuan yang lebih spesifik maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mewujudkannya, dibarengi dengan adanya kesadaran mengenai kenyataan dari keadaan finansial Anda saat ini. Misalnya berdasarkan penghasilan Anda saat ini, Anda bertujuan untuk membuka sebuah usaha kuliner di tahun depan. Bagaimanapun juga Anda akan membutuhkan dana untuk mewujudkannya dan hal tersebut bisa Anda wujudkan dengan perencana keuangan yang cerdas. Setelah itu jika usaha Anda berjalan dengan baik, maka Anda bisa merancang tujuan lagi. Misalnya untuk membuka cabang pada bulan berikutnya, atau bahkan membeli mobil di tahun depan dengan estimasi usaha Anda akan terus berkembang. Namun tentunya dengan adanya tujuan yang jelas itu, Anda akan lebih berusaha agar dapat mewujudkannya.

 

Buat Catatan Pengeluaran dan Berhematlah

Agar Anda bisa mengetahui secara jelas kemana saja pengeluaran Anda dialokasikan, serta informasi mengenai berguna atau tidaknya pengeluaran yang Anda lakukan, maka sebaiknya Anda mencatat seluruh pengeluaran yang Anda lakukan setiap bulannya. Agar lebih mudah, bisa Anda catat di smartphone Anda sendiri, sehingga tiap kali Anda melakukan transaksi bisa langsung dicatat dengan segera dan Anda tidak akan melupakan detailnya. Setelah satu bulan, coba telaah berapa banyak Anda mengeluarkan dana yang sebenarnya tidak berguna. Dari situlah Anda bisa melihat apakah selama ini Anda boros atau tidak dan mulai menyusun rencana kedepannya agar bisa lebih berhemat dengan keadaan keuangan Anda saat ini. Dengan adanya perencana keuangan yang jelas seperti ini, maka bukan tidak mungkin bagi Anda untuk bisa memiliki dana tabungan dalam jumlah yang besar suatu hari nanti. Semua itu bisa diwujudkan dengan proses perencanaan keuangan yang cerdas dan konsisten.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!