Perencanaan Keuangan Keluarga

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Memiliki keluarga yang harmonis adalah cita-cita semua orang. Banyak poin-poin penting yang harus diperhatikan untuk menciptakan keluarga yang harmonis dan rukun. Memiliki keluarga yang harmonis membuat keadaan  rumah menjadi menyenangkan, damai dan juga nyaman. 

Saat ini banyak sekali pasangan yang menikah di usia muda, tapi banyak yang tidak memiliki perencanaan penting untuk membangun keluarga yang harmonis. Salah satu yang penting adalah melakukan perencanaan keuangan keluarga. Terdapat beberapa keluarga yang tidak memiliki komitmen untuk menabung. Dan tentunya ini menjadi alasan yang membuat keharmonisan itu sulit untuk dicapai. Memiliki perencanaan keuangan adalah  langkah pertama untuk menuju kebahagiaan. 

Dan berikut ini adalah beberapa jurus untuk melakukan perencanaan keuangan keluarga :

  • Berdiskusi dengan pasanganmu mengenai keuangan

Ini adalah poin utama dalam melakukan perencanaan keuangan keluarga. Anda dan pasangan perlu memiliki perencanaan keuangan yang terencana, terbuka akan penghasilan, aset, dan juga utang. Dan perencanaan keuangan harus dilakukan bersama. 

  • Mengendalikan pengeluaran dengan bijak

Harus membiasakan untuk menabung dengan membangun kebiasaan yang positif dalam mengelola keuangan. Belajar untuk mulai menyisihkan tabungan dan kalau bisa melakukan investasi yang menguntungkan. Jadikan menabung itu sebagai gaya hidup sehingga terbiasa dan terasa mudah untuk dilakukan.

  • Menghindari overspending

Yaitu mengutamakan pengeluaran untuk hal-hal yang dibutuhkan. Anda harus bijak dan pintar dalam berbelanja. Anda harus bisa membeli produk yang bagus dan bernilai tinggi dengan harga yang ekonomis. Dan menghindari untuk mendahulukan keinginan dibandingkan dengan kebutuhan. 

  • Mengelola aset

Jika anda memiliki aset maka anda harus bisa memanfaatkannya untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lebih. Dan menambah keuangan dalam keluarga.

  • Menentukan tujuan finansial yang diinginkan

Dalam melakukan perencanaan keuangan keluarga, anda harus memiliki dan menentukan tujuan finansial yang ingin dicapai. Dengan mengingat tujuan yang Anda inginkan, maka Anda dapat lebih bijak dalam membelanjakan uang dan lebih fokus untuk dapat mencapai tujuan keluarga anda. 

  • Menghindari utang

Untuk bisa membangun keluarga yang bahagia dengan keuangan keluarga yang telah tersusun dan terencana, maka hindarilah utang. 

  • Mencari penghasilan tambahan

Untuk menciptakan kondisi keuangan yang bagus, maka perlu untuk memanfaatkan segala kesempatan pekerjaan agar dapat mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk mencari penghasilan tambahan, anda bisa berinvestasi pada saham, reksa dana, properti, logam mulia atau bisnis rill. 

  • Jangan menunda untuk menabung

Jika anda telah berniat untuk melakukan perencanaan keuangan keluarga maka mulai dari sekarang sisihkan untuk tabungan. Dan hindari menggunakan kartu kredit karena hanya akan membebani perencanaan keluarga. 

  • Menyisihkan untuk investasi

Memiliki tabungan untuk bisa mewujudkan perencanaan keluarga yang diinginkan.

  • Melakukan evaluasi keuangan

Rajin mengevaluasi kondisi perencanaan keuangan keluarga. Pentingnya mengetahui perencanaan keluarga untuk mengetahui hal-hal yang mendesak dan dibutuhkan. Mengatur keuangan keluarga memang lebih sulit jika dibandingkan dengan mengatur keuangan pribadi. Dan demikianlah sekilas informasi mengenai perencanaan keuangan keluarga. 


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!