Perencanaan Keuangan Untuk Membeli Rumah

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Pada saat Anda sudah berkeluarga, maka hal utama yang menjadi rencana bersama biasanya adalah membeli rumah untuk dihuni bersama dengan pasangan dan anak-anak kelak. Namun tentunya membeli rumah adalah hal yang tidak mudah bagi kebanyakan orang. Harus ada perencanaan keuangan untuk membeli rumah yang disiapkan bersama. 

Harus Memiliki Penghasilan Tetap

Jika Anda ingin membeli rumah maka ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya, yang pertama dengan menabung dan membeli rumah langsung lunas atau membeli rumah dan membayarnya secara kredit. Untuk cara yang pertama Anda harus menunggu waktu lama jika ingin membeli rumah secara tunai, karena harga rumah saat ini semakin mahal saja, apalagi jika Anda ingin membeli rumah yang besar maka harganya akan semakin mahal. Nah, bagi Anda yang tidak bisa membeli rumah secara tunai, maka Anda masih memiliki cara lain yaitu dengan membeli rumah secara kredit. Namun tentunya agar Anda bisa lancar membayar kredit maka Anda harus memiliki penghasilan yang tetap, pihak yang memberikan kredit pun biasanya tidak sembarangan mengizinkan Anda untuk mengambil kredit rumah. Biasanya akan disurvey terlebih dahulu, dimana memiliki penghasilan tetap adalah syarat utama untuk Anda mengambil kredit rumah.

Harus Tahu Tentang Prioritas

Namun pada saat Anda mengambil kredit rumah, pastikan dulu bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai karena memprioritaskan untuk membayar cicilan rumah, kebutuhan rumah tangga Anda menjadi tidak terpenuhi dengan baik. Sebelum Anda membeli rumah, coba perhitungkan dulu dan alokasikan jumlah yang cukup untuk biaya kebutuhan rumah dan lain-lain. Jika ternyata masih ada sisa yang cukup untuk membayar kredit rumah setiap bulannya, maka tentunya hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah tahu yang mana yang harus menjadi prioritas Anda. Pengaturan keuangan yang baik akan membuat Anda lebih mudah membayar kredit cicilan rumah setiap bulannya.

Siapkan DP atau Uang Muka Pembelian Rumah

Pada saat ini ada banyak program kredit rumah dengan uang muka yang sedikit, namun tentunya semakin sedikit uang muka yang bisa Anda berikan akan semakin lama pula pelunasan kredit rumah tersebut, sebab dengan semakin kecilnya uang muka yang dibayar maka tanggungan kredit tiap bulan menjadi lebih banyak dan bisa jadi lebih besar. Namun sebaliknya, jika Anda menyiapkan uang muka pembelian rumah yang lebih besar, maka akan lebih sedikit tanggungan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya atau lebih cepat jangka waktu pelunasan kredit tersebut nantinya. Nah, untuk bisa menyiapkan dana uang muka, maka Anda harus menabung sejumlah dana yang cukup untuk membayarnya pertama kali.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!