Persiapan Pernikahan untuk Masa Depan Lebih Baik

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Apakah Anda memiliki rencana untuk melakukan pernikahan dalam waktu dekat? Pada saat Anda mempersiapkan pernikahan maka ada banyak sekali persiapan pernikahan yang akan membuat Anda dan pasangan menjadi sangat sibuk. Mulai dari persiapan catering, tempat acara, souvenir, make up dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda ada hal lain yang patut Anda persiapkan dengan lebih matang sebelum pernikahan? Hal tersebut adalah perencanaan keuangan bersama pasangan.

Belajar Memahami Kebiasaan Keuangan Pasangan

Mengapa perencanaan keuangan bersama calon pasangan menjadi hal yang amat penting? Ingat bahwa Anda akan menghabiskan sisa hidup Anda bersama dengan orang tersebut dan pada saat Anda berkeluarga, isu keuangan adalah isu yang sangat penting demi keberlangsungan keluarga. Tentunya hidup bersama sebagai pasangan tidak hanya bisa mengandalkan rasa cinta dan kasih sayang di antara pasangan saja, melainkan Anda juga akan membutuhkan keuangan yang stabil bersama pasangan agar bisa membiayai anak-anak hingga dewasa. Bukan mudah menyiapkan uang untuk kebutuhan anak-anak, apalagi saat ini biaya pendidikan, biaya kesehatan dan biaya hidup pun semakin hari semakin naik. Untuk itu Anda dan pasangan harus saling memahami kebiasan keuangan masing-masing agar bisa menyamakannya dan bisa merencanakan keuangan untuk di masa depan.

Diskusikan Biaya Pernikahan Bersama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada banyak sekali persiapan pernikahan yang mesti Anda urus sebelum pernikahan dan tentunya akan membuat Anda membutuhkan uang yang tidak sedikit jumlahnya. Sebelum pernikahan, ada baiknya Anda dan pasangan sama-sama melakukan financial check untuk mengetahui kemampuan finansial Anda berdua. Dari pengecekan tersebut akan mendapatkan gambaran mengenai dana yang bisa dikeluarkan untuk pernikahan. Dengan demikian, pernikahan pun bisa berjalan dengan lebih lancar karena dipersiapkan dengan matang. Tidak perlu terlalu mewah dalam mempersiapkan pernikahan, yang penting Anda bisa berbagi kebahagiaan bersama dengan orang-orang di sekitar Anda. Melaksanakan pernikahan juga tidak perlu di gedung mewah, jika hal tersebut hanya akan memberatkan bagi kedua belah pihak.

Rancang Tujuan Keuangan Bersama

Semua yang direncanakan dengan matang akan menghasilkan hal yang lebih baik. Juga dalam hal persiapan pernikahan, jika Anda dan pasangan telah merencanakan tujuan keuangan bersama sejak sebelum menikah, maka pada saat menikah semuanya bisa lebih terarah. Anda bisa menentukan dengan pasangan kira-kira kapan waktu yang tepat untuk Anda dan pasangan membeli rumah, apakah Anda dan pasangan akan membutuhkan mobil, berapa anak yang ingin dimiliki dan bagaimana biaya pendidikannya. Setelah itu barulah Anda dan pasangan bisa merencanakan bagaimana cara mewujudkannya. Entah itu dengan cara membuat tabungan bersama dan rajin menyisihkan dana setiap bulannya untuk ditabung, atau melakukan investasi pada sebuah bisnis atau produk yang sekiranya berpotensi untuk berkembang di masa depan.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!