Pilihan Investasi Populer dan Menguntungkan di Indonesia

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Semakin hari, semakin banyak orang mulai peduli terhadap kesejahteraan finansialnya, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini diikuti juga dengan makin banyaknya jenis investasi yang ditawarkan yang menjanjikan beragam keuntungan. Investasi sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk tujuan mendapatkan keuntungan finansial di masa mendatang.

Ada banyak sekali pilihan investasi yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Bahkan, kini sangat mudah bagi Anda untuk menemukan jenis investasi yang memungkinkan Anda menggunakan modal kecil atau investasi dengan kemungkinan kerugian yang minimal. Berikut ini adalah beberapa pilihan investasi populer yang cukup menguntungkan untuk Anda coba, di antaranya :

Investasi emas

Investasi emas merupakan salah satu investasi dengan sistem klasik yang masih populer dan diminati hingga masa sekarang. Jenis investasi ini dapat menjadi pilihan bila Anda menginginkan investasi yang mudah dan relatif aman dengan resiko yang tidak terlalu besar. Meski dalam jangka pendek harga emas seringkali naik turun, namun dalam jangka panjang, harganya relatif selalu mengalami peningkatan.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak orang memilih untuk berinvestasi emas atau logam mulia dibandingkan mencoba untuk berinvestasi di jenis investasi lain yang mungkin menawarkan keuntungan yang lebih besar.

Kini selain membelinya secara cash, investasi emas ini banyak juga dikembangkan dalam bentuk tabungan emas, di mana Anda dapat membelinya dengan menabung dengan periode tertentu. Oleh karena itu, investasi emas merupakan salah satu pilihan investasi yang dapat dicoba oleh hampir semua orang karena dengan sistem tabungan emas, Anda tidak butuh modal besar saat memulainya.

Investasi properti

Pilihan investasi lain yang juga cukup menjanjikan di masa sekarang adalah investasi properti. Jenis investasi ini merupakan jenis investasi jangka panjang yang populer karena dianggap cukup menjanjikan. Hal ini terjadi karena nilai properti akan cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di sektor properti, Anda memiliki beberapa pilihan dalam mendapatkan keuntungan.

Selain mendapat keuntungan dengan cara membeli properti tertentu dan menjualnya saat nilai / harganya naik, Anda juga dapat memperoleh keuntungan dengan menyewakan properti yang Anda miliki dan menjadikannya sebagai salah satu passive income bagi Anda, di mana dalam periode tertentu Anda akan rutin memperoleh keuntungan dari biaya sewa properti yang Anda miliki tersebut.

Investasi saham

Investasi saham sepertinya merupakan salah satu investasi paling populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Seperti yang telah Anda tahu, investasi ini umumnya memiliki bentuk berupa kepemilikan pada perusahaan tertentu, sehingga Anda pun turut mendapatkan dividen saat perusahaan memperoleh keuntungan. Salah satu alasan mengapa jenis investasi ini menjadi yang paling populer di berbagai kalangan adalah karena investasi saham cenderung memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis investasi lain.

Namun, perlu Anda ingat pula, keuntungan yang menggiurkan juga berbanding lurus dengan besarnya risiko karena harga saham cenderung fluktuatif dan dapat berubah drastis dalam jangka waktu singkat. Secara garis besar, investasi saham ini terbagi atas 2 jenis, yaitu saham bertumbuh (growth stock) dan saham dividen (dividend stock).

Untuk menghindari adanya kerugian saat Anda memulai berinvestasi saham, ada baiknya bila Anda mulai rajin mengecek dan melakukan analisa mendalam sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli saham dari perusahaan tertentu. Hal ini penting dilakukan agar nilai investasi Anda dapat terus berkembang dan memilnimalkan adanya kerugian jika tiba – tiba harga saham perusahaan tersebut merosot.

Deposito bank

Deposito bank juga masih menjadi salah satu bentuk investasi yang banyak dipilih. Deposito merupakan cara menyimpan uang di bank dengan jumlah tertentu, yang hanya dapat dicairkan setelah Anda menabung / menyimpannya di bank dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank. Investasi deposito banyak dipilih karena nilai pokoknya selalu utuh dan harganya tidak berfluktuasi. Ditambah lagi, uang yang ada investasikan di deposito dijamin oileh pemerintah lewat Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).  Deposit bank umumnya memiliki kisaran bunga antara 4 hingga 7 persen pertahun tergantung dari kebijakan masing – masing bank.

Investasi reksadana

Investasi reksadana menjadi salah satu jenis investasi paling populer di Indonesia selanjutnya. Bagi Anda yang masih awam dengan apa itu reksadana, secara garis besar, reksadana ini merupakan sebuah instrumen investasi di mana sejumlah dana yang didapat dari banyak investor akan dikumpulkan menjadi satu dan baru diinvestasikan pada  instrumen – instrumen investasi yang tersedia di pasar modal. Saat ini, ada setidaknya 5 jenis reksadana yang masing – masing memiliki potensi keuntungan dan tingkat risiko yang berbeda – beda. Jenis – jenis reksadana tersebut di antaranya adalah reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana indeks, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran.

Bila Anda ingin mengetahui manakah di antara investasi reksadana tersebut yang memiliki potensi return paling menggiurkan, jawabannya adalah reksa dana saham. Namun, Anda perlu berhati – hati pula karena risikonya juga tak kalah besar. Namun, bagi Anda yang ingin memulai investasi dengan risiko yang lebih kecil, Anda dapat mencoba berinvestasi lewat reksa dana pasar uang.

Reksadana sendiri dapat menjadi pilihan investasi modal kecil untuk Anda yang baru mencoba karena reksadana dapat Anda beli dengan nominal minimal 100 ribu Rupiah saja. Bahkan, jika Anda rajin melakukan riset, beberapa reksadana sekarang ada yang memperbolehkan Anda untuk berinvestasi mulai dari 10 ribu Rupiah saja.

Investasi peer to peer lending

Jenis investasi lainnya yang cukup populer belakangan ini adalah peer to peer lending (P2P lending). Secara sederhana, cara kerja dari jenis investasi ini adalah mempertemukan peminjam uang dengan si pemberi pinjaman melalui sebuah platform yang sudah disediakan. Bila Anda tertarik menjadikannya sebagai salah satu cara berinvestasi, Anda dapat mengambil peran sebagai si peminjam dana. Nantinya dana yang Anda investasikan akan dikumpulkan dengan dana dari peminjam lainnya, yang kemudian mulai didistribusikan pada para peminjam yang telah terdaftar dalam platform ini.

Sebagai peminjam, Anda nantinya akan memperoleh keuntungan berupa bunga yang dibayarkan setiap bulannya. Jenis investasi ini dapat menjadi pilihan bagi Anda menyukai investasi jangka pendek dengan return besar. Namun ingat, risikonya juga cukup besar sehingga Anda harus benar-benar melakukan analisa mendalam sebelum memutuskan untuk berinvestasi lewat p2p lending.

Nah, itulah beberapa pilihan investasi yang populer dan menguntungkan bagi Anda. Jadi, manakah pilihan investasi yang ingin Anda coba jalankan?


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!