Ingin Proteksi Mobil Baru atau Mobil Kesayangan Anda? Baca Dulu 5 Manfaat Asuransi Mobil Berikut

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Meski dianggap sebagai produk konsumsi masyarakat menengah ke atas, lambat laun seiring dengan makin majunya teknologi, asuransi pun mulai menjadi tren yang sangat multifungsi. Artinya, selain sebagai alat untuk menabung, asuransi juga dapat menyediakan jaminan bagi Anda dan keluarga dari bencana finansial dalam waktu yang lama. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya asuransi, banyak perusahaan asuransi mulai gencar menawarkan produk-produk asuransi andalan mereka.

Ilustrasi hitung-hitungan manfaat asuransi mobil

Gambar 1. Asuransi Mobil

Penawaran produk-produk tersebut mampu memberikan gambaran umum kepada nasabah terkait manfaat asuransi yang mereka inginkan serta produk asuransi mana yang tepat bagi mereka dan keluarga. Hal-hal inilah yang membuat asuransi menjadi lebih banyak diminati dibandingkan opsi perlindungan finansial lain seperti investasi saham dan tabungan deposito.

Nah, salah satu produk asuransi yang digunakan oleh banyak orang dan sangat patut untuk Anda pertimbangkan adalah asuransi kendaraan bermotor, dalam hal ini yang paling umum dijadikan sebagai obyek asuransi adalah mobil. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal tersebut maka berikut akan dijelaskan definisi dan manfaat ansuransi mobil secara umum serta khusus yang dibedakan dari jenis-jenisnya.

 

Definisi Asuransi Mobil

Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor misalnya mobil apalagi jumlahnya bahkan lebih dari satu, maka mengasuransikan mobil-mobil kesayangan Anda sangat patut untuk Anda pertimbangkan mulai dari sekarang. Belum lagi bila Anda adalah kolektor mobil-mobil klasik atau mobil-mobil impor yang harganya fantastis misalnya Ferrari atau Lamborgini. Pastinya jaminan perlindungan dari perusahaan asuransi mobil akan membuat Anda lebih tenang. Alasannya karena pihak penyedia asuransi akan menanggung bila terjadi kerugian dan atau kerusakan pada mobil Anda.

 

Manfaat Asuransi Mobil Secara Umum

Tak hanya pengertian atau gambaran umum asuransi mobil, untuk mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai seluk beluk asuransi jenis ini maka berikut akan dijelaskan lebih lengkap apa-apa saja manfaatnya secara umum.

  1. Memberikan Perlindungan dari Kerugian yang Tak Terduga

Tak ada yang bisa mengelak dari kerugian tak terduga akibat tabrakan, kecelakaan lalu lintas hingga kehilangan atau pencurian. Hal-hal tersebut sudah di luar prediksi dan kuasa Anda sebagai manusia biasa. Namun yang bisa Anda lakukan sekarang ini untuk setidaknya meminimalisir kerugian akibat hal-hal tidak diinginkan tersebut adalah mempersiapkan perlindungan sebelumnya sebaik mungkin. Mendaftar sebagai nasabah asuransi mobil adalah salah satu upaya Anda dalam memberikan perlindungan finansial akan kerugian di masa datang yang belum pasti datangnya.

  1. Membantu Merencanakan Keuangan

Jikalau Anda bukan miliarder dan masih menggantungkan pemasukan dari gaji bulanan, maka biaya-biaya tak terduga seperti biaya perbaikan yang harus dikeluarkan saat mobil mendadak terjadi kerusakan akan membuat Anda seketika terbebani. Biaya yang mendadak seperti ini acapkali membuat pusing karena rencana pengeluaran keuangan yang sudah disusun sebelumnya pun akan menjadi terganggu.

Ilustrasi manfaat asuransi mobil pada perencanaan keuangan

Gambar 2. Manfaat Asuransi Mobil terhadap Perencanaan Keuangan

Untuk itulah jika Anda sudah memiliki asuransi mobil sebelumnya, maka Anda tidak perlu lagi untuk cemas akan biaya pengeluaran mendadak karena pihak penyedia asuransi akan mengganti biayanya. Alhasil, pengeluaran keuangan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya tidak akan terganggu.

  1. Rasa Tenang dan Aman

Manfaat asuransi mobil lain yang tidak bisa Anda remehkan begitu saja adalah rasa aman dan tenang. Tak ada lagi yang namanya was-was, cemas atau khawatir saat berkendara. Anda pun akan selalu merasa tenang karena merasa sudah terjamin dan terlindungi bila terjadi sesuatu hal yang tak Anda inginkan. Perjalanan setiap hari dari- dan ke luar rumah pun menjadi nyaman dan aman untuk dirasakan.

  1. Mendapatkan Layanan Tambahan yang Bermanfaat

Beberapa perusahaan asuransi mobil juga menawarkan berbagai layanan tambahan yang menarik dan sangat bermanfaat bila Anda sedang dalam perjalanan jauh misalnya derek mobil dan fasilitas hotline 24 jam.

Ilustrasi mobil diderek

Gambar 3. Manfaat Layanan Tambahan Derek Mobil pada Asuransi Mobil

Bila mobil Anda sedang dalam proses perbaikan di bengkel, maka perusahaan asuransi mobil pun akan membantu menyediakan layanan mobil pengganti sehingga aktifitas keseharian Anda pun menjadi tidak terganggu.

  1. Menawarkan Proteksi Lebih

Maksud menawarkan proteksi lebih di sini adalah bahwa selain memberikan jaminan perlindungan finansial, Anda juga akan mendapatkan beberapa program unggulan yang sangat bermanfaat misalnya saja penggantian unit kendaraan, perbaikan karena kerusakan, layanan asuransi jiwa hingga penawaran bantuan hukum ke pihak ketiga juga. Melihat dari nama programnya saja, pastinya program-program tersebut sangatlah menarik untuk dipertimbangkan karena akan memberikan banyak manfaat kepada Anda.

Setelah mengetahui manfaat asuransi mobil secara umum, kini Anda harus mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis asuransi mobil yang ada saat ini beserta manfaatnya secara khusus berdasarkan atas jenis-jenis tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memilih jenis asuransi mana yang tepat dan sesuai dengan keadaan finansial Anda.

Manfaat Khusus Asuransi Mobil Berdasarkan Jenis-jenisnya

Pada umumnya asuransi mobil dibagi menjadi dua macam yakni asuransi mobil Total Loss Only (TLO) serta asuransi mobil All Risk. Lebih lengkapnya akan dijelaskan tentang masing-masing jenis asuransi mobil tersebut beserta manfaatnya di bawah ini.

  1. Manfaat Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Seperti namanya, asuransi total loss only memiliki kelebihan yakni akan mengganti mobil Anda secara penuh bila persentase kerusakan sebesar 75% atau di atas 75%. Bila sangat parah maka klaim asuransi akan segera cair. Kerusakan yang dimaksud di sini adalah akibat dari kecelakaan hebat yang membuat badan mobil memang benar-benar rusak parah bukan kerusakan kecil seperti penyok sedikit di bagian depan mobil. Perlindungan yang diberikan bisa berupa biaya perbaikan yang diperkirakan harganya sama atau melebihi 75% harga mobil sebelum kerugian.

Tak hanya kerusakan akibat kecelakaan atau tabrakan, asuransi total loss only juga akan meng-cover mobil yang hilang dicuri atau dirampas orang di tengah perjalanan. Oleh karena Anda menderita kerugian total sebab mobil Anda hilang sepenuhnya maka pihak perusahaan asuransi mobil akan mengganti klaim mobil Anda. Dengan mengingat bahwa angka kecelakaan dan tindak kriminal jalanan di Indonesia cukup tinggi maka bila Anda terdaftar sebagai nasabah asuransi TLO ini, Anda pasti akan lebih merasa tenang dan nyaman di perjalanan.

Ilustrasi asuransi mobil total loss only

Gambar 4. Manfaat Asuransi Total Loss Only (TLO) terhadap Kerusakan Mobil

Lebih jauh lagi, tak hanya jaminan perlindungan, kelebihan lain dari asuransi mobil TLO yang bisa Anda pertimbangkan adalah biaya premi-nya yang lebih murah. Dengan biaya yang tidak terlalu mahal ini, Anda pun bisa menghemat pengeluaran keuangan untuk disisihkan bagi kebutuhan lain. Jadi, bila Anda memiliki mobil bekas yang usianya di bawah 10 tahun maka sangat disarankan untuk mengambil asuransi TLO dibandingkan asuransi All Risk.

  1. Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Asuransi All Risk merupakan jenis asuransi mobil yang diprimadonakan banyak nasabah dari berbagai kalangan mulai dari para millenials hingga orang dewasa. Manfaat asuransi mobil yang satu ini dibandingkan asuransi mobil TOL adalah pada proteksi All Risk menyeluruhnya apapun bentuk kerusakannya baik itu kecil maupun besar. Biasanya pada asuransi mobil All Risk akan lebih disarankan untuk mengganti mobil dengan yang baru diproduksi bila terjadi kerusakan ketimbang harus mengganti biaya perbaikan.

Ilustrasi mobil terbakar

Gambar 5. Manfaat Asuransi Mobil All Risk terhadap Mobil yang Terbakar

Tak hanya itu, cakupan risiko kerusakan pun bisa ditambah secara lebih fleksibel oleh Anda misalnya risiko bencana alam dan huru-hara kerusuhan. Oleh karena asuransi mobil yang satu ini mencakup segala bentuk kerusakan maka nilai biaya premi yang harus Anda bayarkan tiap tahunnya pun lebih tinggi dibandingkan asuransi mobil TOL. Namun meski proteksi asuransi All Risk lebih menyeluruh, hal penting yang perlu Anda ingat adalah bahwa perlindungan asuransinya pun hanya berlaku dalam satu tahun saja. Oleh karena itu, asuransi All Risk sangat cocok bagi mobil-mobil baru atau mobil-mobil yang baru diproduksi serta dibeli pada tahun yang sama.

Demikianlah dua jenis asuransi mobil yang mesti Anda kenali agar Anda lebih mengetahui manfaat masing-masing jenis asuransi tersebut dan apa saja yang cocok bagi Anda. Meski Anda sudah memutuskan asuransi mobil yang mana yang akan Anda pilih, tapi ingatlah untuk selalu memastikan berbagai ketentuan dan pengecualian pada asuransi yang Anda ambil. Baca dan pahami baik-baik polis asuransinya dengan seksama. Pastikan sebelum Anda menyetujui menjadi nasabah asuransi tersebut, Anda mengetahui secara jelas hak-hak dan kewajiban Anda sebagai pemegang asuransi.

 

Referensi:

[1]   https://lifepal.co.id/blog/manfaat-asuransi/amp/

[2] https://www.cekaja.com/produk-asuransi/news/163900-perbedaan-asuransi-mobil-tlo-dan-all-risk-dan-manfaat-keduanya.html

[3] www.economy.okezone.com/amp/2016/11/04/320/1532970/mau-tahu-fungsi-dan-keuntungan-asuransi-inilah-penjelasannya

[4]   https://www.otomotifinfo.com/manfaat-asuransi-kendaraan.html


Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.

Dapatkan promo spesial DISKON 50% untuk 100 pembeli pertama!



Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!