Seperti Apa Manajemen Keuangan Milenial? Apakah Perlu?

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Manajemen keuangan milenial adalah hal yang sangat penting untuk dapat dikuasai saat ini. Apabila manajemen keuangan sudah baik, Anda tidak perlu memikirkan hal lain dan dapat fokus melakukan pekerjaan. Tetapi, hal yang sangat sulit adalah dapat mengatur keuangan dengan baik dan menahan segala godaan untuk membeli barang yang diinginkan. 

 

Dana Pensiun

Salah satu pemikiran milenial saat ini adalah dapat menikmati hari tuanya tanpa gangguan apapun termasuk keuangan. Hal ini tentu saja menjadi cara pikir yang baik karena tubuh kita pasti membutuhkan waktu untuk istirahat setelah berpuluh-puluh tahun bekerja tanpa henti. Mengalokasikan dana untuk masa pensiun setiap bulannya menjadi manajemen keuangan milenial yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup yang baik. Seperti yang bisa kita lihat saat ini, banyak sekali kaum tua yang masih bekerja untuk menghidupi keluarganya. Hal ini akan memperlihatkan kualitas hidup di masa lalunya yang tidak memikirkan masa pensiun adalah masa untuk istirahat dari kejenuhan dan rasa lelah. 

Karena manajemen keuangan yang seperti ini, banyak sekali milenial yang bekerja dengan keras pada masa mudanya. Mempelajari hal baru demi mahir di suatu bidang adalah hal yang sangat tepat dan sangat dibutuhkan pada masa sekarang. Semua orang saat ini berkompetisi untuk meningkatkan kualitas diri, tentu saja Anda juga harus bergerak agar dapat melalui masa-masa muda dengan baik. Tidak perlu banyak, tetapi Anda harus konsisten untuk bisa menyisihkan uang dalam dana pensiun. Dengan cara ini, Anda akan hidup dengan nyaman dan cukup sampai hari tua tanpa merepotkan pihak lain. 

 

Dana Darurat

Dana darurat tidak pernah ada dalam manajemen keuangan orang-orang tua karena dirasa tidak perlu. Tetapi saat ini, kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi seperti Pandemi Covid-19 yang datang dan membuat banyak sekali sumber pencaharian masyarakat hilang. Karena ini lah dana darurat diperlukan. Anda akan bertahan dengan baik apabila sudah menyiapkan dana darurat dalam perencanaan keuangan Anda. Dana darurat menjadi sangat berarti karena kita tidak bisa memercayai hal apapun kepada orang lain dan takdir selalu berputar. Sebaiknya, mengantisipasi hal ini dengan menyiapkan dana darurat adalah pilihan yang sangat tepat. 

Mempersiapkan perencanaan dengan memiliki catatan ketat akan semua hal yang wajib untuk dibeli seperti pengeluaran setiap bulan dan kebutuhan lain adalah cara untuk bisa menyiapkan dana darurat. Perencanaan ini harus diatur sangat ketat agar semua kebutuhan tercukupi walaupun Anda memiliki dana yang minim. Anda harus memercayai bukan jumlah uangnya yang bermasalah, tetapi cara mengaturnya. Dengan ini, Anda telah menjadi milenial yang tidak akan merasakan kerugian di masa depan dengan manajemen keuangan milenial yang baik dan benar. 


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!