Tips Financial Planner Pemula

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Mempelajari cara mengatur atau membuat perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting. Tidak hanya bagi mereka yang berprofesi sebagai Financial Planner atau Financial Advisor, tetapi mereka yang tidak berprofesi secara profesional juga memerlukan perencanaan keuangan. Teknik atau kemampuan dasar mengalokasikan dana merupakan hal yang wajib diketahui oleh setiap orang.

 

Mulailah Sekarang Belajar Financial Planning

 

Pernahkah kamu merasa bahwa penghasilanmu tidak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Jangankan berinvestasi, bahkan untuk akhir bulan saja tidak cukup. Jika kamu pernah merasakannya, kamu tidak perlu malu. Karena, hampir semua pemula merasakannya. Untuk itulah diperlukan untuk belajar financial planning .

 

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, kamu bisa belajar financial planning mulai dari sekarang. Kamu bisa mulai membuat rencana awal dengan menggunakan sistem budget and plan. Saat membuat budgeting, kamu harus memasukkan investasi ke dalam fixed expenses atau pengeluaran tetap. Karena nantinya investasi tersebut akan masuk ke dalam kategori tabungan.

 

Tentukan Target dan Tujuan

 

Saat mengatur perencanaan keuangan, kamu harus bisa menentukan target. Apa yang ingin kamu capai serta kapan kamu ingin mewujudkannya, misalnya kamu memiliki impian sebuah rumah pada 5 atau 10 tahun mendatang. Tulis juga berapa yang kamu butuhkan untuk mencapai impianmu. Dengan demikian kamu dapat mengetahui mengapa kamu perlu berinvestasi sejak sekarang, karena mengandalkan tabungan saja tidak akan pernah cukup. Kamu harus berinvestasi agar nilai tabunganmu tidak termakan kenaikan harga yang tidak sebanding dengan bunga bank.

 

Namun jika kamu akan berinvestasi, kamu harus memilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu. Sebagai contoh jika tujuanmu adalah untuk dana pensiun, maka investasi yang paling tepat adalah investasi jangka panjang seperti saham dan reksadana. 

 

Jenis investasi tentunya akan berbeda pada setiap individu. Oleh sebab itu, perencanaan sangatlah penting. Dengan merencanakan sejak dini, maka kamu akan lebih mudah untuk menentukan jenis investasi mana yang akan kamu pilih.

 

Dengan perlahan–lahan belajar financial planning maka kamu akan dengan mudah menentukan jenis investasi apa yang akan kamu pilih. Namun ingat, kamu harus berinvestasi sesuai dengan kemampuan. Cobalah dengan investasi saham kecil–kecilan, jangan sampai investasi justru berubah menjadi petaka karena tidak sesuai isi dompet. 

 

Mulailah dengan saham yang bernilai 700 rupiah atau ribuan rupiah saja. Untuk mengetahui berapa nilai investasi kamu, maka coba bagi dulu penghasilan menjadi 50, 30 dan 20. 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk tabungan dan investasi, dan 20% untuk hiburan. Jika mau, kamu bisa mengalokasikan setengah dari dana hiburan tersebut untuk berinvestasi. 

 

Belajar mengenai perencanaan keuangan tidaklah sulit. Namun juga tidak bisa dipelajari dalam waktu yang singkat. Dibutuhkan trial and error untuk menjadi ahli dalam keuangan. Mengambil pelatihan atau kursus dalam bidang keuangan juga cukup baik untuk mengembangkan kemampuan perencanaan keuangan.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!