Tips Memilih Jasa Financial Planner Online Terbaik

Bagikan artikel ini!

Artikel ini disponsori oleh online course Income Mastery Academy. Pelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan, investasi, dan asuransi dengan bergabung ke online course Income Mastery Academy.


Antusias dan kesadaran para generasi muda untuk membenahi keuangan semakin tinggi. Sehingga tidak mengherankan jika kini jasa financial planner semakin dicari oleh generasi millenial. Saat ini, jasa financial planner memang cukup banyak, apalagi pada era digital seperti ini mulai merambah dengan metode online, sehingga Anda harus lebih cerdas dan teliti memilihnya. Lebih jelasnya, berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan ketika memilih jasa financial planner online, yaitu:

  • Pastikan Financial Planner Sesuai Kebutuhan

Financial planner umumnya memiliki dua macam perencanaan keuangan yaitu independen dan dependen. Financial planner independen adalah layanan jasa yang menerima bayaran atas jasa dan tidak menjual produk keuangan kepada para kliennya. Sementara financial planner dependen ialah para agen asuransi ataupun manajemen investasi yang menerima bayaran atas jasa sekaligus menjual produk keuangan yang dimilikinya. 

Untuk itu, pastikan Anda memilih jasa konsultasi di lembaga perencanaan keuangan yang tepat sehingga Anda bisa menanyakan kepada calon perencana keuangan mengenai jasa yang ditawarkannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memperoleh jasa financial planner yang sesuai kebutuhan.

  • Pilihlah Financial Planner Yang Tersertifikasi

Apabila Anda sedang mencari financial planner online, maka pastikan Anda memilih financial planner yang bersertifikat. Perlu diketahui, di Indonesia hanya ada satu badan pengelola sertifikasi profesi perencana keuangan yang diakui pemerintah, yaitu Financial Planning Standards Board (FPSB).

FPSB ini sudah mengeluarkan dua jenis sertifikat profesi perencana keuangan yakni Certified Financial Planner (CFP) bagi yang sudah menuntaskan pendidikan empat modul dan Registered Financial Planner (RFP) bagi yang sudah menyelesaikan pendidikan dua modul. Nah, jika Anda memilih financial planner yang sudah mengantongi sertifikat, tentunya perencanaan keuangan Anda menjadi lebih aman dan lancar.

  • Mencari Tahu Tarif Yang Dikenakan

Jika Anda ingin mencari financial planner yang menawarkan harga terjangkau dan berkualitas baik, maka Anda harus mencari beberapa calon perencana keuangan, baik itu terkait badan hukum maupun individual. Selanjutnya, Anda bisa menanyakan mengenai tarif masing-masing financial planner tersebut untuk berkonsultasi. Selain itu, jangan lupa memastikan komisi penjualan yang dikenakan atas bisnis atau imbal hasil dari investasi yang Anda konsultasikan kepada pihak perencana keuangan tersebut. 

Jika Anda sudah memeriksanya, maka segera bandingkan tarif dan jasa yang ditawarkan. Apabila menurut Anda tarif yang ditawarkan memang cocok, Anda bisa langsung melanjutkan kerjasama. Jangan lupa untuk meminta portofolio atau contoh perencanaan keuangan yang pernah dibuat oleh financial planner tersebut. Hal ini berguna agar Anda bisa memperoleh financial planner yang tidak hanya menawarkan harga murah, namun juga berkualitas.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika sedang mencari perencana keuangan secara online. Demikianlah semoga ulasan singkat diatas dapat berguna dan menjadi tambahan wawasan bagi Anda yang sedang mencari info seputar financial planner online terbaik.


Bagikan artikel ini!
error: Alert: Content is protected !!